image
Sarapan Dengan Porsi Besar Ternyata Baik Untuk Kesehatan

06 March 2020 2649 Viewed  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200304163457-255-480498/sarapan-porsi-besar-lebih-baik-untuk-kesehatan

Sarapan merupakan salah satu hal yang sebenarnya wajib untuk dilakukan setiap pagi, karena sarapan mampu meningkatkan mood, memberikan tenaga disaat kita beraktivitas mulai dari pagi hari hingga sore dan juga meningkatkan konsentrasi. Sebuah penelitian teranyar yang dilakukan para peneliti dari Endocrine Society menemukan, sarapan dengan porsi besar dapat membakar kalori dua kali lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang makan malam dengan porsi besar. Sarapan porsi besar disebut dapat menekan rasa lapar.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism ini juga menemukan, sarapan porsi besar dapat mengontrol kadar gula darah dan insulin sepanjang hari. Hasil yang berbeda justru ditemukan saat mengonsumsi makanan dengan porsi besar pada malam hari.

"Hasil kami mengonfirmasi bahwa makan malam dengan porsi besar berdampak negatif pada toleransi glukosa. Hal ini harus dipertimbangkan oleh pasien diabetes," kata para peneliti, melansir Healthline.

Total sebanyak 16 pria menjadi partisipan dalam penelitian ini. Secara bergantian, partisipan diminta untuk makan dalam porsi besar di malam serta pagi hari. Para peneliti mencoba melacak seberapa baik proses metabolisme tubuh dalam dua kebiasaan tersebut. Peneliti juga melacak timbulnya rasa lapar dan kadar gula darah partisipan. Pelacakan dilakukan pada dua waktu yang berbeda, baik saat makan porsi besar di malam hari ataupun pagi hari.

Peneliti menemukan, kemampuan metabolisme tubuh 2,5 kali lebih baik saat sarapan dengan dengan porsi besar. Hal ini pada dasarnya menunjukkan bahwa metabolisme tubuh manusia lebih aktif setelah sarapan.

Selain itu, sarapan dengan menu tinggi kalori juga dapat menekan rasa lapar atau keinginan mengonsumsi makanan/minuman manis sepanjang hari. Sementara sarapan rendah kalori justru mendorong seseorang untuk lebih sering ngemil. Temuan ini memiliki implikasi besar bagi pengidap diabetes dan mereka yang ingin menurunkan berat badan.









sumber, cnnindonesia.com
TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238