image
Manfaat Olahraga di Malam Hari

06 January 2020 2522 Viewed  https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/04/190000320/manfaat-olahraga-di-malam-hari-lebih-maksimal-untuk-tubuh?page=all

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sebenarnya wajib kita lakukan setiap hari, demi membuat badan menjadi lebih sehat lagi. Padahal olahraga sendiri tidak harus memakan waktu yang lama, namun tetap saja kita malas melakukannya. Apalagi kalau kamu bukan golongan orang yang biasa bangun lebih pagi, tentu itu menjadi alasan kuat untuk tidak berolahraga.

Kebanyakan orang memang melakukan olahraga di pagi hari. Tapi, kamu bisa memilih malam hari sepulang kerja untuk pergi ke pusat kebugaran atau berlari di jogging track. Bahkan, ada banyak alasan mengapa kamu harus berlatih di malam hari. Tak perlu takut latihan fisik di malam hari bisa mengganggu tidur. 

Faktanya, penelitian National Sleep Foundation menemukan bahwa tidak ada perbedaan dalam kualitas tidur bagi mereka yang berolahraga dengan penuh semangat di malam hari. Berikut adalah manfaat rutin melakukan olahraga di malam hari:

1. Kamu akan tidur lebih nyenyak!

Sejumlah penelitian seperti ini telah menunjukkan bahwa orang yang mengangkat beban di malam hari memiliki kualitas dan durasi tidur yang lebih baik daripada mereka yang berolahraga di pagi atau sore hari. Jadi, itu sebenarnya akan membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari. Istirahat yang baik tidak hanya penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot, tetapi juga akan membuat kamu merasa lebih baik dan sepenuhnya segar di pagi hari. 

2. Mendapatkan sesi latihan yang lebih baik!

Selain membantumu tidur lebih nyenyak, beberapa penelitian menemukan bahwa latihan di malam hari adalah jalan menuju peningkatan otot yang signifikan dan daya tahan yang lebih baik. 

3. Bisa menurunkan tekanan darah

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Strength Conditioning Research menemukan bahwa orang yang dilatih pada malam hari menurunkan tekanan darah mereka sebesar 15 persen lebih banyak daripada mereka yang berolahraga di pagi hari.

4 Kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik, lebih cepat!

Sebuah studi dari The New England University of Birmingham menemukan bahwa mereka yang berolahraga di malam hari dapat mencapai intensitas tinggi lebih cepat dan memiliki durasi 20 persen lebih panjang. Itu berarti lebih banyak kalori yang terbakar di malam hari dan sisa manfaat dari latihan yang lebih baik: lengan yang lebih kencang, kaki yang lebih kuat, perut yang lebih ramping, dan kehidupan yang lebih sehat secara keseluruhan!

5 Tubuhmu akan siap untuk berolahraga!

Olahraga sebelum tidur berarti kamu akan mendapatkan lebih banyak pemulihan tidur dan membakar lebih banyak kalori. Menurut penelitian, kadar kortisol lebih tinggi di pagi hari, yang dapat menghambat pertumbuhan otot. Sebaliknya, kadar testosteron lebih tinggi di malam hari, yang akan mendorong pertumbuhan otot. Jadi ini cara yang bagus untuk mendapatkan hasil lebih cepat. Dengan semua manfaat luar biasa dari berolahraga di malam hari, apakah kamu siap untuk mencobanya? Silakan, gabungkan rutinitas harianmu dan lihat seberapa baik kualitas tidurmu,dan seberapa bugar tubuhmu nanti. 




sumber, kompas.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238