image
Jangan Pernah Kombinasikan 5 Makanan ini Bersamaan

06 December 2019 2610 Viewed  https://food.detik.com/info-sehat/d-4804201/meskipun-enak-5-kombinasi-makanan-ini-bisa-bahayakan-kesehatan/1/#news

Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi bersamaan justru akan membahayakan kesehatan kita. Seringkali kita tidak tahu bahwa makanan yang kita kombinasikan ternyata bisa membahayakan, padahal sebenarnya justru rasanya semakin enak jika dimakan bersama. Salah satu contohnya adalah susu dengan buah yang asam.

Makanan sendrii dikonsumsi manusia untuk memenuhi gizi. Jenisnya beragam, mulai dari sayuran, buah, daging, kacang-kacangan dan lainnya. Setiap makanan sehat memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, jika salah pengolahannya dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa macam makanan yang dikombinasikan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan adalah :


1. Susu dan Buah Asam

Susu dan buah asam adalah kombinasi pertama yang dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda. Padahal dalam susu mengandung sejumlah kalsium dan beragam nutrisi baik yang dapat menyehatkan tubuh terutama tulang. Buah asam pun memiliki sejumlah nutrisi baik, apalagi dalam buah asam biasanya mengandung vitamin C yang tinggi.

Namun ternyata kombinasi keduanya sangatlah buruk. Jika Anda mencampurkan buah-buahan asam seperti nanas, lemon, ataupun jeruk yang kemudian dicampurkan pada susu dengan suhu hangat akan terjadi proses penggumpalan. Susu yang menggumpal tersebut akan mejadi dadih pada perut Anda dan dapat menyebabkan sakit. Namun jika Anda mencampurkan buah-buahan asam tersebut ke dalam susu yang dingin, proses penggumpalan tidak akan berlangsung secara cepat. Paduan keduanya tetap bisa dikonsumsi walaupun proses penggumpalan mungkin terjadi.

2. Daging dan Pasta

Daging dan pasta merupakan gabungan antara protein dan karbohidrat yang jika dicerna bersamaan akan membuat sistem pencernaan terganggu. Padahal protein dan karbohidrat masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Makanan dengan kandungan nutrisi berbeda ini akan mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Bisa menimbulkan sedikit sembelit karena tak adanya kandungan serat yang dicerna oleh tubuh. Namun jika saat mengonsumsinya ditambahi dengan kandungan nutrisi lainnya mungkin pencernaan Anda tak akan bermasalah. Tapi tak apa jika Anda masih ingin mengonsumsi karbohidrat bercampur protein seperti pasta dan daging. Imbangi dengan konsumsi sayuran agar ada serat yang bantu menyehatkan pencernaan

3. Bir dan Kacang

Mengonsumsi bir saja sudah jadi satu pemicu yang berdampak buruk bagi kesehatan, ditambah lagi mengonsumsi kacang yang merupakan makanan asin. Kombinasi keduanya dapat menyebabkan dehidrasi. Mengonsumsi bir dan kacang bersamaan akan membuat diri Anda kehabisan cairan tubuh secara drastis. Ini akan membuat Anda merasa haus dan berujung dehidrasi. Jadi pastikan tidak terlalu banyak mengonsumsi keduanya secara bersamaan.

Bila perlu jauhi bir dan minuman keras lainnya dan konsumsilah minuman yang memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh saja seperti air putih. Jika Anda masih ingin mengonsumsi keduanya, jangan lupakan untuk mengonsumsi air putih dengan ukuran yang sama.

4. Mentimun dan Tomat

Timun dan tomat juga salah satu kombinasi makanan yang tidak dapat disatukan. Memakan keduanya akan menyebabkan perut mual, bergas, kembung, atau bahkan kematian. Hal ini karena timun dan tomat memiliki waktu pencernaan yang sangat berbeda. Timun juga memiliki kandungan enzim yang dapat menghancurkan kandungan vitamin C yang terdapat pada tomat. Jadi salad yang Anda makan jika mengandung timun dan tomat itu tidak benar-benar sehat melainkan membuat Anda mual.

Namun jika Anda mengonsumsinya dicampur dengan cuka, itu akan meniadakan efek tersebut. Dan hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh, kecuali jika Anda sensitif terhadap salah satu dari makanan tersebut.

5. Air Dingin dan Makanan

Meminum air dingin saat ini adalah hal yang biasa dilakukan apalagi jika dicampur bersama es batu, kesegarannya pun tak perlu diragukan lagi. Namun bukan soal kesegaran, ini akan menyebabkan makanan dapat membeku pada perut Anda. Dan itu berdampak pada proses pencernaan Anda. Namun ada pula yang mengatakan kalau mengonsumsi air dingin bersama atau sebelum mengonsumsi makanan itu tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Ada juga yang mengatakan kalau air dingin dapat membantu untuk mencegah panas berlebih saat Anda terlalu lama berada di bawah sinar matahari.

Namun air dingin tidak cukup untuk menghancurkan lemak dan tetap mempertahankannya dalam perut. Itu yang menyebabkan mengapa air dingin dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan.




sumber, detik.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238