image
WhatsApp Punya Fitur Keamanan untuk Penggunanya

26 November 2019 2509 Viewed  https://merahputih.com/post/read/whatsapp-punya-fitur-keamanan-untuk-penggunanya

WHATSAPP memiliki sejumlah fitur baru guna menjaga privasi dan keamanan data digital dari para penggunanya. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Kebijakan WhatsApp Asia Pasifik, Clair Deevy saat peluncuran program 'Literasi Privasi dan Keamanan Digital'.

“Pertama, kalo kita mendapatkan pesan dari orang tak dikenal. WhatsApp akan otomatis memberikan pilihan apakah ingin kita laporkan orang itu atau mau kita block,” katanya di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Senin (18/11).

Tahun lalu WhatsApp sudah meluncurkan fitur forward atau pesan terusan dengan memberikan kata 'forward' pada pesan yang dibagikan. Hal itu agar para pengguna lebih transparan dalam membagikan pesan. Penerima pesan akan tahu tulisan atau kiriman yang ia terima itu adalah hasil forward.

WhatsApp juga membatasi penyebaran berita untuk meminimalisir hoax. WhatsApp hanya membatasi pesan diteruskan maksimal ke lima orang atau grup. Berkat kebijakan ini, data WhatsApp menunjukan 25 persen penurunan pesan yang diteruskan.

“Yang kami yakini adalah dengan memberi pembatasan seperti itu, kami bisa membantu menanggulangi ketika ada penyebaran informasi yang keliru atau yang salah,” ucap Clair.

Fitur yang paling terbaru, pekan lalu, WhatsApp dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menuncurkan fitur untuk memilih siapa saja yang ada di dalam kontak telepon yang punya akses untuk menambahkan pengguna ke dalam grup.

“Memang betul aplikasi WhatsApp kita ingin berbagi sebanyak mungkin, tapi kami juga di WhatsApp memperhatikan keamanan dan keselamatan data sehingga kita tahu betul dijaga di lingkaran teman, saudara dan keluarga kita,” tuturnya.

WhatsApp juga punya program untuk mengedukasi masyarakat agar aplikasi pesan instan itu dipakai untuk menyebarkan informasi positif bukan menyebar hoax. “Kami juga secara proaktif menyisir akun-akun yang mungkin fake dan juga meluncurkan program-program seperti ini untuk menjaga keamanan pengguna,” ujarnya.

Pengguna WhatsApp di Indonesia jumlahnya terbesar di dunia. WhatsApp juga menjadi aplikasi pesan instan paling populer. Tercatat dari 171 juta pengguna internet di Indonesia, 83 persennya adalah pengguna WhatsApp.




sumber, merahputih.com

https://merahputih.com/post/read/whatsapp-punya-fitur-keamanan-untuk-penggunanya 

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238