image
Meskipun Bukan Berdarah Indonesia, Ini yang Dilakukan Agnez Mo Untuk Indonesia

27 November 2019 141 Viewed

Baru-baru ini, setelah Agnez mo sempat menggemparkan publik karena dirinya didaulat untuk bergabung dengan museum lilin Madame Tussauds Singapura, kini Agnez Mo justru sedang dirundung kecaman dari berbagai pihak. Hal ini disebabkan karena penyanyi asal Jakarta yang sedang meniti karir di Amerika Serikat ini, membuat pernyataan yang mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki darah Indonesia.

Video wawancara BUILD Series dengan Agnez Mo yang diunggah pada 22 November kemarin kini menjadi viral akibat dari jawaban yang diberikan oleh penyanyi berusia 33 tahun tersebut. Hal itu dilontarkan oleh Agnez Mo ketika presenter Kevin Kenny bertanya perihal dirinya yang berbeda dengan orang Indonesia kebanyakan. Agnez Mo menjawab dengan mengatakan bahwa ia sama sekali tak memiliki darah Indonesia melainkan berdarah Jerman, Jepang dan China hanya saja, ia lahir di Indonesia. Ia juga beragama Kristen di mana masyarakat mayoritas Indonesia memeluk agama Islam.

Dalam unggahan di Instagramnya, dia mengaku mengucapkan hal tersebut untuk menunjukkan bahwa ada keberagaman dalam hidupnya.

"Saya tumbuh dalam budaya yang beragam. Inklusi budaya adalah yang saya pilih. Bhineka Tunggal Ika berarti bersatu dalam keberagaman. Saya menyukai ketika saya bisa berbagi sesuatu tentang asal dan negara saya," kata Agnez dalam instagramnya.

"Saya akan selalu jujur dan berujar kepada dunia bagaimana seorang minoritas seperti saya diberikan kesempatan untuk memiliki dan mengejar mimpi kami."

Ucapan darah Indonesia ini pun langsung mendapatkan banyak respons, termasuk dianggap sebagai kacang yang lupa kulitnya dan juga tak nasionalis. Apalagi kini Agnez lebih banyak menghabiskan waktu di Negeri Paman Sam dan mengejar karier di sana. Padahal, Agnez hanya mengatakan bahwa ia tidak berdarah Indonesia, namun bukan berarti ia tidak berkebangsaan Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, Agnez sendiri sebenarnya kerap menampilkan dan membawa budaya-budaya Indonesia dalam karyanya. Berikut momen saat Agnez menampilkan budaya Indonesia :

1. Rambut kepang Papua
Agnez sempat dikecam dan menuai kontroversi karena rambut kepangnya. Rambut kepangnya ini dianggap meniru rambut kepang ala orang kulit hitam. Namun Agnez mengungkapkan bahwa rambut kepang ini merupakan budaya orang Papua.

"Orang papua serungkali mengepang rambutnya yang dikenal sebagai anyam rambut dalam bahasa Indonesia."

"Orang Papua sering mengepang rambut demi alasan kepraktisan misalnya untuk kemudahan bekerja."

"Bukankah ini luar biasa bagaimana perbedaan tapi tetap satu sebagai manusia? Inilah yang diajarkan oleh kebudayaan saya. Bersatu dalam perbedaan.



2. Budaya Papua
Dalam promosi lagu barunya Diamonds, Agnez juga mengunggah foto-foto budaya Papua.

#Diamonds #WeAre Indonesians. We're wearing one of many Indonesian traditional outfits (incl. accessories), from Papua (east side of Indonesia)


3. Bendera Indonesia
Dalam unggahannya di Instagram, Agnez juga kerap menunjukkan kecintaannya pada Indonesia. Sebagai ucapan selamat ulang tahun RI tahun 2019, Agnez mengunggah sebuah foto dirinya sedang mencium bendera merah putih



4. Batik di Video klip Long As i Get Paid
Video ini sempat menghebohkan Indonesia. Pasalnya di dalam video klipnya, Agnez menggunakan kebaya modern sebagai busana utamanya.
Kebaya Agnez sendiri dibuat oleh desainer kebaya Indonesia, Anne Avantie. Desainer Anne Avantie jadi sorotan dan perbincangan seiring gaun batik rancangannya dipakai penyanyi Agnez Mo dalam video musik Long As I Get Paid. Anne tak menyangka bila kebaya batiknya kini mendunia.

"Tidak ada yang merencanakan itu. Saya berpikir hanya mendesain untuk seorang Agnez Mo sesuai keinginannya. Kalau sekarang sampai mendunia, itu kehendak Tuhan", terang Anne Avantie di rumahnya Semarang, beberapa waktu lalu.

Menurut Anne, dalam prosesnya Agnez mengontaknya untuk membuatkan kostum batik untuk video musik, dan tanpa panjang lebar Anne pun langsung membuatkannya sesuai keinginan dan selera Agnez.

"Saya dengan Agnez memiliki kesamaan bangga terhadap Indonesia. Kami pun saling melengkapi untuk membawa Indonesia dikenal di luar negeri lewat jalan batik, dan musik," ujarnya.


5. Video klip Coke Bottle
Sebelum Long As I Got Paid, Agnez juga memakai baju tradisional Indonesia yang disebut baju dodot. Dia menggunakan baju dodot lengkap dengan kain batik dan juga headpiece khas Solo. Baju ini juga dibuat oleh desainer Anne Avantie. Tercatat, Agnez sudah tiga kali meminta Anne Avantie andil dalam mengemas penampilannya untuk video klip lagu ParalyzedCake Bottle dan Long As I Get Paid.

"Ini kan yang sudah ketiga kalinya untuk video klip Agnez, jadi saya sudah tahu keinginan dan seleranya. Namun untuk desain terbaru ini memang terlihat lebih mewah karena Agnez ingin memperlihatkannya secara menyeluruh kepada dunia Internasional", terang Anne kepada CNN Indonesia.com.




6. Teaser Nanana
Dalam unggahan cuplikan videonya, di Youtube, Agnez juga memberikan siluet adanya penggunaan kebaya dalam video klipnya. Namun sebenarnya cuplikan kebaya ini bukanlah unggahan baru. Hanya saja, sampai saat ini belum ada video klip resmi dari Agnez 'Nanana' yang dirilis.







sumber, cnnindonesia.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238