image
Apa Perbedaan Matcha dan Green Tea ?

19 November 2019 2986 Viewed  https://travel.kompas.com/read/2019/11/19/071500527/green-tea-dan-matcha-itu-berbeda-ini-penjelasannya

Seringkali kita tidka bisa membedakan antara matcha dengan green tea, bahkan ada yang menganggap bahwa matcha dengan green tea adalah sama, padahal keduanya berbeda. Matcha dan green tea memang sudah tidak asing lagi bagi para penikmat teh. Selain itu, dua varian rasa teh ini juga sudah banyak digunakan untuk perasa makanan lainnya. Maka, tidak heran jika banyak makanan yang juga memiliki rasa matcha dan green tea. Tidak hanya pada teh saja, matcha dan green tea juga sering dijadikan minuman yang di variasikan sebagai minuman lain yang banyak dikonsumsi orang yang bukan pecinta teh sekalipun.

Image result for matcha

Pakar teh, Ratna Somantri menjelaskan dan memaparkan perbedaan dari kedua jenis teh ini. Ia mengatakan ketika membedakannya, orang-orang harus melihat, mencium dan merasakan bubuk matcha dan green tea.

"Orang harus lihat dan coba baru tau. Matcha itu adalah teh hijau dari Jepang yang memang mengalami proses yang khusus, proses yang khusus itu yang pertama dari tanamannya sendiri harus ditutupi dari matahari supaya klorofilnya tinggi, asam aminonya tinggi sehingga menghasilkan warna hijau yang cerah." jelas Ratna di di SIAL Interfood 2019 di JIEXPO, Sabtu (16/11/2019).

Matcha menurut Ratna juga memiliki rasa yang khas, yakni rasa creamy yang berasal dari tehnya. Proses pengolahan matcha juga spesial, menggunakan daun dari teh hijau yang sudah melalui proses khusus agar menghasilkan bubuk matcha.  Berbeda dengan matcha, green tea menggunakan tulang dari tanaman teh hijau.

"Sementara green tea powder itu merupakan green tea yang tidak mengalami proses seperti matcha tetapi hanya dihaluskan. Warnanya akan lebih kuning kecoklatan, kalau matcha hijau." jelas Ratna.

Rasa green tea menurut Ratna juga lebih sepet dan aromanya akan lebih greasy (tebal dan sedikit berminyak), lebih (berbau) seperti daun atau rumput. 




sumber, kompas.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238