image
Minuman Kopi yang Paling Populer di Kafe, Kamu Suka yang Mana?

03 September 2019 237 Viewed

Kopi jadi minuman wajib banyak orang untuk memulai hari. Dari sekian banyak racikan kopi di kafe, ternyata ada yang paling sering dipesan orang. Apa saja? Setiap orang bisa menikmati kopi kapanpun dan dimanapun. Baik saat pagi, siang, sore maupun malam, tapi kopi kerap diandalkan sebagai penambah semangat saat sarapan pagi. 

Saat ini banyak kafe kopi yang menawarkan aneka varian kopi sensasional. Ada cappuccino hingga mocha late, berikut 5 varian kopi ala kafe yang paling populer di kalangan penikmat kopi.

1. Cappucino 

Foto: iStock

Cappucino termasuk salah satu varian kopi paling populer. Kopi ini bisa dengan mudah ditemui di manapun mulai dari kedai kopi, kafe hingga restoran berbintang sekalipun. Secangkir kopi tradisional Italia ini terdiri dari campuran espresso dan buih susu. Komposisi cappucino terdiri dari 1/3 kopi espresso, 1/3 susu dan 1/3 buih susu. Tetapi jumlah espresso bisa dipesan 'single shot' atau 'double shot'.

Aroma yang nikmat dan rasa kopi yang cukup kuat menjadikan cappucino banyak disukai penikmat kopi. Cappucino juga bisa disajikan panas maupun dingin tapi kebanyakan orang menikmatinya dalam versi hangat karena aromanya lebih kuat. 


2. Espresso

Foto: iStock

Penggemar kopi pekat paling suka menikmati espresso. Secangkir espresso diolah dari bubuk kopi yang diseduh dengan air panas di bawah tekanan tinggi. Sesuai dengan namanya, espresso berarti express atau cepat yang artinya kopi ini diseduh untuk segera disajikan. 

Untuk membuat espressi setidaknya dibutuhkan 7-9 gram kopi bubuk yang kemudian diseduh dengan air panas pada temperatur 90 derajat celsius. Hasil seduhan kopi ini menghasilkan kopi dengan crema atau buih kecoklatan di atasnya. Selain bisa dinikmati langsung, espresso juga jadi bahan dasar untuk membuat varian kopi lain seperti cappucino, cafe latte hingga mocha late.

3. Cafe Latte

Foto: iStock

Varian kopi yang satu ini populer di kalangan orang yang ingin menikmati kopi dengan rasa lembut. Cafe latte dibuat dengan mencampur 25 persen espresso dan 75 persen susu. Inilah yang membuat cafe latte terasa lebih creamy. 

Semburat aroma dan rasa kopi terbilang tipis, inilah salah satu alasan penggemar cafe latte lebih dominan wanita. Cafe latte juga bisa disajikan panas maupun dingin. Selain punya sensasi rasa kopi yang lembut, cafe latte juga memikat lewat kreasi latte art buatan barista. Steamed milk dalam jumlah banyak memungkinkan para barista mengukir gambar di atas cafe latte. Kini bahkan banyak kreasi latte art 3 dimensi hingga latte art aneka warna yang bikin cafe latte tampil instagenik. 

4. Cafe Mocha

Foto: iStock

Sebutan lain cafe mocha adalah kopi cokelat karena kopi diolah dengan tambahan cokelat. Komposisi cafe mocha ala kafe adalah dua sloki espresso yang dicampur susu dan cokelat. Biasanya jenis cokelat bubuk yang populer digunakan untuk cafe mocha. Aroma kopi, susu dan cokelat bercampur sehingga menghasilkan aroma yang kaya. Soal rasa, cafe mocha cenderung memiliki rasa pahit legit dengan konsistensi yang kental. 

Untuk membuatnya lebih nikmat, cafe mocha dalam versi dingin biasa disajikan dengan tambahan whipping cream. Selain bisa dinikmati di kafe, varian kopi ini juga mudah dibuat di rumah bahkan takarannya bisa disesuaikan agar rasanya sesuai selera.



sumber, detik.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238