image
Medan Penuh Kabut Asap, Pemkot Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

23 September 2019 157 Viewed

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kabut asap yang kian tebal berpotensi mengganggu kesehatan.

Kepala Bagian Humas Pemkot Medan Arrahman Pane menyatakan, imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah itu disampaikan melalui Dinas Kesehatan Medan. Selain itu masyarakat juga disarankan untuk menggunakan masker.

"Dinas Kesehatan Medan sudah memberikan imbauan kepada warga untuk menggunakan masker. Juga membagi-bagikan masker," kata Pane dalam keterangan tertulis wartawan di Medan, Minggu (22/9/2019).

Masyarakat juga diminta melakukan serangkaian antisipasi untuk melindungi diri dari dampak buruk kabut asap. Mulai dari disiplin berperilaku hidup bersih dan sehat, perbanyak konsumsi buah dan sayur, hingga imbauan untuk tidak memperburuk kondisi dengan merokok. Masyarakat pun diimbau untuk segera ke sarana pelayanan kesehatan bila mengalami kesulitan bernafas dan gangguan kesehatan lainnya.

Kabut asap yang melanda Medan dalam dua pekan terakhir, namun terlihat semakin pekat hari ini. Jarak panjang di kawasan pusat kota sekitar 400-an meter. Sebelumnya, sejumlah warga mulai mengeluhkan kabut asap tersebut. Dilaporkan warga mengeluhkan mata perih hingga sesak napas.


"Mata mulai perih dan dada mulai sesak. Karena kemarin belum pakai masker. Tadi saya sudah beli masker," kata seorang warga Kampung Lalang, Irsan.

Seorang warga Kota Binjai lainnya, Riski juga merasa paparan kabut asap mulai mengganggu kesehatan dirinya. Dia mengatakan paparan kabut asap sangat terasa ketika keluar rumah.

"Sangat mengganggu, kalau naik kereta (motor) mata perih. Tenggorokan sudah mulai nggak enak," ujar Riski.

Tak hanya Kota Medan dan Binjai, sejumlah daerah lainnya di Sumatera Utara (Sumut) masih diselimuti kabut asap. Wilayah yang terkena paparan kabu asap di antaranya Labuhanbatu, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, Batubara, Deliserdang, dan Langkat. Situasi serupa juga terjadi di Labuhanbatu Utara, Labuhan Batu Selatan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Padangsidimpuan, Tapanuli Tengah dan Sibolga serta wilayah lainnya.




sumber, detik.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238