image
Joko Anwar Sebut Dunia Perfilman di Indonesia Kekurangan SDM

09 September 2019 119 Viewed

Joko Anwar Sebut Dunia Perfilman di Indonesia Kekurangan SDM


Sutradara Joko Anwar menilai sumber daya manusia di kancah perfilman Indonesia selama ini terbilang minim. Ia menyebutkan jumlah talenta pemain film serta kru film masih sangat sedikit.
"Indonesia sekarang sangat membutuhkan sumber daya manusia di dunia perfilman, baik kru ataupun pemain (film)," kata Joko dalam acara peluncuran film jagoan baru 'Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings' di kawasan mal di Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (7/9).

Hal ini, menurut dia, tak lepas dari kenyataan bahwa masih ada kekosongan untuk beberapa peran dalam 'Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings' yang kini sedang ia kerjakan di Jagat Sinema Bumilangit atau Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Joko mengaku dirinya kerap melakukan beberapa usaha seperti membuat workshop untuk mencari dan menemukan talenta-talenta baru yang dapat mengatasi persoalan di jagat perfilman Indonesia tersebut.

"Seperti penulis skenario. Aku sering bikin workshop, aku buka pendaftaran siapa yang mau jadi penulis skenario, aku ajari," ucapnya.

Di film terbarunya, Joko mengakui tengah melakukan pencarian talenta untuk menjadi pemeran dua karakter sahabat Virgo di Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings'. Karakter Virgo sendiri diperankan Adhisty Zara eks member JKT48.

"Kita mencari dua karakter Ussy dan Monica yang akan tergabung dalam band The sparklings, dan masih banyak lagi. Kita ramai kok butuhnya," ujar Joko.

Joko pun berharap film Virgo dan film-film dari Jagat Sinema Bumilangit lainnya dapat menjadi ajang penemuan serta pertunjukan talenta-talenta baru Indonesia di belakang dan di depan layar. Ia pun mengajak para pihak yang memegang kepentingan di dunia perfilman untuk ikut berusaha mencari talenta-talenta baru tersebut.

Menurut Joko, apabila para pihak-pihak terkait di dunia perfilman juga ikut melakukan pencarian, maka persoalan kurangnya sumber daya manusia di dunia perfilman bisa teratasi.

"Tujuan kita adalah untuk mencari talenta-talenta baru, kita harapkan dengan adanya talent search ini, (dapat membuktikan) ternyata di Indonesia ini banyak sekali orang yang mampu menjadi pemain film. Kalau kita menemukan 10 saja talenta yang bagus, ini akan sangat membantu perfilman Indonesia," kata dia.




sumber, cnnindonesia

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238