image
Instagram Buka Lowongan Kerja Khusus Buat Tukang Bikin Meme

13 August 2019 3687 Viewed  https://www.vice.com/id_id/article/ne8jag/instagram-buka-lowongan-kerja-khusus-buat-tukang-bikin-meme?utm_source=viceidtw

Apakah kalian kompeten di bidang budaya anak muda? Apakah kalian memahami segala seluk-beluk internet? Apakah kalian sedang mencari peluang menghabiskan jam kerja buat ngumpulin meme? Ada kabar gembira untuk kita semua: Instagram baru saja mengumumkan ingin merekrut ‘ahli meme’.

Jabatannya disebut ‘Strategic Partnerships Manager’ supaya terdengar lebih resmi dan profesional. Ini posisi baru di Instagram, yang tujuannya membantu pencipta meme muda di internet agar akunnya terus berkembang. Lowongan kerja itu sepertinya dibuka menyusul kritikan pedas yang diterima platform berbagi foto usai menutup ratusan akun meme tanpa alasan atau peringatan jelas bulan lalu. Beberapa akun itu bahkan diikuti lebih dari 1,2 juta orang.

Ketika ditanya alasannya, Instagram mengaku akun-akun tersebut melanggar persyaratan layanan aplikasi. Terutama dalam hal hak cipta dan kekayaan intelektual. Penjelasan mereka menarik untuk dibahas lebih lanjut: seberapa penting konten asli di saat semuanya dianggap permainan adil seperti sekarang ini?

Masalahnya muncul ketika akun meme memperoleh banyak pengikut berkat video dan foto milik orang lain, dan kemudian meraup keuntungan lewat endorse dan sponsor. Walaupun sejumlah besar akun meme telah dikunci untuk menghindari ‘razia’, banyak admin yang masih remaja kehilangan pemasukan karena akunnya dihapus.

‘Ahli meme’ nantinya diharapkan bisa memperbaiki ikatan yang rusak antara Instagram dan pencipta meme setelah penghapusan besar-besaran. Jabatan ini semoga dapat menjaga kedamaian dan menemukan solusi penyebaran meme yang tepat. Kepada The Atlantic, Lila King selaku Kepala Kemitraan Berita dan Penerbitan Instagram mengatakan posisinya membutuhkan seorang “unicorn” yang "fasih dalam bahasa meme dan bisnis penerbitan digital.

Kalian merasa sudah memenuhi kualifikasi? Coba-coba aja dulu melamar di sana, kalau lowongannya sudah dibuka. Ternyata mengikuti 9GAG dan semacamnya ada untungnya juga, ya?


sumber: vice.com

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238