image
Kawan Medan, Ini lima tradisi Idul Fitri yang bakal bikin kamu selalu rindu

13 June 2018 631 Viewed

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri mungkin jadi momen sekali setahun yang paling dirindukan. Lebaran jadi momen yang paling dikangenin mungkin karena ada beberapa tradisinya yang tidak mudah ditemui setiap hari, baik itu hari-hari biasa maupun hari besar lainnya. 

Nah, buat kamu yang mungkin sekarang sedang merayakan momen itu bersama keluarga, tengok dulu nih lima tradisi khas lebaran yang akan selalu kamu rindukan:

1. Bermaaf-maafan

Salah satu hal yang identik dengan Idul Fitri pastinya adalah saling bermaaf-maafan. Tradisi yang biasanya dilakukan mayoritas umat muslim Indonesia ini biasanya dimulai sesaat setelah Salat Ied selesai. Momen ini jadi sangat dirindukan karena saat itu semua orang terasa berbaur, baik itu sesama anggota keluarga, tetangga, bahkan orang yang baru kita temui di masjid sekalipun. Dan momen inilah yang dirasa paling hikmat.

2. Makan ketupat dan opor ayam

Hmmm, setelah selesai saling haru saat bermaaf-maafan, perut yang mulai keroncongan pasti sudah tahu apa yang akan diterimanya. Tak lain dan tak bukan adalah sajian khas lebaran berupa ketupat lengkap dengan opor ayamnya. Hidangan ini biasanya akan dengan mudah ditemukan di setiap rumah saat lebaran tiba. Dan beda daerah biasanya juga akan berbeda penyajiannya, terkadang ditambahkan petis, kerupuk, dan lainnya.

3. Ziarah atau nyekar

Tradisi lain yang erat kaitannya dengan lebaran adalah berziarah ke makam saudara atau dikenal dengan nama nyekar dalam istilah Jawa. Ada beberapa orang yang menjalankan tradisi ini satu hari sebelum hari raya ada juga yang menjalankannya setelah salat Idul Fitri. Tradisi ini biasanya juga tidak berlaku di semua daerah di Indonesia,

4. Mudik

Nah, ini yang mungkin menjadi favorit banyak orang. Tradisi mudik yang selalu dilaksanakan setiap lebaran tiba ini memang dipergunakan untuk ajang silaturahmi. Dan tradisi ini biasanya semua rumah orangtua akan dipenuhi oleh kedatangan anak cucu mereka untuk berbagi keceriaan. Aaaah, kangen!

5. Bakar petasan

Kalau tradisi ini biasanya dilakukan setelah berkumpul di rumah salah satu keluarga. Petasan yang mulai ramai saat puasa tiba ini mungkin akan menjadi gong di setiap pertemuan keluarga. Di mana para anak remaja mulai membakar petasannya dan disaksikan oleh adik-adik kecil dengan antusias dan bersemangat, sambil para orangtua asik bercerita sambil menikmati kue-kue khas lebaran. Seneng ya!

Sumber : https://www.brilio.net











Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238