image
Kawan Medan Ini Adalah Arti Penting Jersey Bola di Piala Dunia

28 June 2018 3785 Viewed

Piala Dunia 2018 tidak hanya menghadirkan pemain terbaik untuk dilihat, tapi juga jersey yang menarik perhatian. Seragam sepak bola itu ternyata dirancang dengan teknologi dan filosofi yang tinggi.

Jersey negara-negara yang berlaga di Piala Dunia 2018 itu bukan sekadar identitas tim, tapi juga menyimpan cerita tentang negara tersebut di masa lalu dan juga saat ini. Menurut ahli desain kit sepak bola John Devlin, jersey tim nasional haruslah modern dan kontemporer serta memiliki identitas yang kaya.

"Identitas tim harus bersinar. Tetapi apa yang harus dilakukan, dari sudut pandang saya, adalah pentingnya menciptakan desain jersey yang benar-benar hebat, dengan mengacu pada warisan dan tradisi," kata Devlin yang juga merupakan penulis International Football Kits (True Colours), kepada CNN Sport.

Diberitakan CNN, produsen jersey bahkan memerlukan waktu berbulan-bulan untuk meneliti dan merancang baju, celana dan kaus kaki untuk negara yang bertarung di Piala Dunia 2018. Produsen jersey timnas di gelaran akbar ini diantaranya Adidas, Puma, Nike, Umbro, dan Hummel.

Hasilnya, desain seragam timnas itu lebih dari sebatas menggunakan warna nasional yang identik dengan negara tersebut. Jika sebagian negara menggunakan warna dari bendera mereka, beberapa negara lain memilih memakai warna yang memiliki makna historis, politik atau geografis. Jersey Nigeria pada Piala Dunia kali ini misalnya menggunakan corak elang super sesuai julukan negara itu. Pun dengan jersey Timnas Jepang yang menggunakan teknik sashiko kuno.

Beberapa jersey kesebelasan itu dinilai sebagai terobosan baru dan sebagian lainnya justru menuai kontroversi. Menurut pendiri Classic Football Shirts, Doug Bierton, hal itu terjadi lantaran subjektivitas. "Ini hal yang subjektif. Beberapa orang melihat sesuatu dan mengatakan itu indah, sementara orang lain akan mengatakan itu mengejutkan," kata Bierton.

Di sisi lain, jersey tersebut justru mampu menjadi simbol yang bermakna dalam momen bersejarah. Jersey itu sering kali menjadi pengingat dalam banyak kejadian yang tak terlupakan di Piala Dunia. "Setiap kaus berarti sesuatu untuk seseorang, apakah itu pertandingan pertama atau kenangan tertentu. Dengan melihat kausnya, Anda dapat mengingat pertandingan itu ... itu adalah visualisasi dari ingatan, ia datang begitu saja." kata Bierton kepada CNN Sport.

Beberapa jersey yang bakal selalu diingat sejarah itu diantaranya adalah jersey dengan desain kerutan berwarna oranye saat Belanda memenangkan Piala Eropa 1988 dan jersey berbendera Jerman yang mengantarkan negara itu memenangkan Piala Dunia 1990. Itu merupakan jersey pertama yang dipakai setelah Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu. (rah).

Sumber : https://www.cnnindonesia.com




Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238