image
21 Februari, Usaha Retail Mulai Terapkan Kantong Plastik Berbayar

02 February 2016 2410 Viewed

Medan FM - Mulai 21 Februari mendatang, seluruh usaha retail di Kota Medan tidak akan menggratiskan kantong plastic sebagai tempat tampungan barang belanjaan anda. Serentak dengan peringatan hari peduli sampah nasional, pemerintah melalui kementrian lingkungan hidup akan menerapkan kantong plastic berbayar di 17 kota di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Branch Corporate Communication Alfamart Medan, Eris Estrada Sembiring mengatakan penerapan kantong plastic berbayar ini sesuai dengan peraturan dari kementrian lingkungan hidup. Hingga kini pihaknya masih membahas tekhnis pelaksanaannya serta belum menentukan harga untuk setiap kantong plastik, namun diharapkan tidak lebih dari 500 rupiah per kantong plastic. Menurut Eris Estrada Sembiring, setiap kasir di outlet alfamart akan terlebih dahulu menawarkan kantong plastic berbayar dan tidak akan memaksa kostemer untuk membeli kantong plastic.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia Sumatera Utara, Paulus Tamie meminta kepada pemerintah untuk melakukan sosialisasi kepada pemerintah sehingga penerapannya dapat berjalan lancar. Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar membawa kantong palstiknya sendiri sehingga tidak perlu membeli kantong plastic di usaha retail dan pusat perbelanjaan.

Untuk diketahui, pada 21 Februari mendatang, 17 kota akan menerapkan kantong plastic berbayar, salah satunya kota Medan. Ini diharapkan mampu mengurangi konsumsi kantong plastic karena sebagian besar diantaranya menjadi sampah yang sulit diurai oleh lingkungan. (Tri Kurniawan/Medan)

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238