image
Kota Medan Masih Belum Bisa Menerapkan New Normal, Ini Alasannya

12 June 2020 1105 Viewed  kompas.com

Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, belum menerapkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru.

Alasannya, Pemkot Medan masih menyiapkan infrastruktur menuju new normal, sambil membangun kultur dan budaya baru untuk masyarakat.

Soal kultur baru ini, Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution sampai menggelar diskusi dan pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, tokoh lintas agama dan pengurus rumah ibadah.

Selain itu dengan Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kota Medan di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan.

Dalam pertemuan itu, Akhyar mengatakan, Pemkot Medan saat ini belum memasuki fase new normal, tetapi telah mempersiapkan langkah-langkah menuju fase new normal.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah membangun kultur dan kebiasaan baru, yakni hidup berdampingan dengan pandemi.

"Kita sedang persiapan menuju pra new normal, pertemuan dengan tokoh agama dan masyarakat untuk menyiapkan keadaan yang akan kita capai bersama nantinya," kata Akhyar, Selasa (10/6/2020).

Kultur baru tersebut mulai dari menggunakan masker di manapun berada, terutama saat berada di luar rumah.

Kemudian menjaga jarak satu sama lain, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

Pasalnya, dalam beberapa kajian dan analisis terlihat tingkat disiplin masyarakat harus dibangun dan kesadaran memenuhi protokol kesehatan harus dipenuhi bersama.

"Sederhana saja sebenarnya, tidak berat kalau kita mau melaksanakannya tapi banyak yang masih belum kita patuhi. Masker bukan aksesoris, penggunaan masker menjadi budaya baru yang harus dijalani tidak hanya masyarakat Kota Medan, bahkan seluruh dunia," ujar Akhyar.

"Harapannya penyebaran virus berkurang dan Kota Medan menuju new normal," kata dia.

Kepada pelaku usaha dan seluruh tempat usaha termasuk mal, Akhyar mengimbau agar mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Pemkot Medan sendiri sedang merevisi Peraturan Wali Kota Medan terkait protokol kesehatan.

Komandan Kodim 0201/BS Medan Kolonel Inf TNI Roy Hansen J Sinaga mengatakan, tindaklanjut dari Peraturan Wali Kota Medan, pihaknya melakukan operasi pendisiplinan mengenai pelaksanaan protokol kesehatan.

Pihak TNI membuat simulasi protokol kesehatan di tempat usaha dengan menempatkan petugas. Tujuannya untuk mengingatkan para pelaku usaha agar menerapkan protokol kesehatan, begitu pula terhadap para pengunjung.

"Jajaran Kodim bersama Polri dan Pemda akan berpatroli mengingatkan para pelaku usaha dan pengunjung yang ingin berbelanja untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Roy.


Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238