image
Cara Membuat Hand Sanitizer

17 March 2020 573 Viewed  https://www.tribunnews.com/kesehatan/2020/03/15/jangan-takut-kehabisan-stok-begini-cara-membuat-hand-sanitizer-sendiri-di-rumah?page=3

Cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus seperti CoVID - 19 atau virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan. Tetapi jika Anda sedang bepergian dan tidak menemukan sabun atau tempat untuk mencuci tangan, maka penggunaan hand sanitizer  akan sangat berguna bagi Anda. Namun semenjak cepatnya penyebaran virus corona, sebagian besar penjual tidak dapat menyetok hand sanitizer dalam jumlah banyak.


Solusi yang terbaik adalah membuat atau meracik hand sanitizer sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah, dilansir Healthline.com :


Bahan:

1. 3/4 Isopropil atau alkohol gosok (kandungan alkohol 99%)

2. 1/4 Gel lidah buaya (untuk membantu menjaga tangan Anda tetap halus dan untuk menangkal kerasnya alkohol)

3. 10 tetes minyak esensial (minyak pohon teh atau minyak lavender, atau perasan lemon)

4. Mangkuk kecil, sendok, dna botol kosong (semprot)


Kunci untuk membuat pembersih tangan penghilang kuman yang efektif adalah dengan tetap menggunakan proporsi alkohol 2 : 1 untuk lidah buaya, serta menjaga kandungan alkohol sekitar 60 persen. Ini adalah jumlah minimum yang dibutuhkan untuk membunuh sebagian besar kuman.


Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk kecil dan sendok, kemudian tuang 10 tetes minyak esensial dan 1/4 gel lidah buaya, aduk hingga rata.

2. Jika sudah tercampur rata, tambahkan 3/4 Isopropil atau alkohol, lalu aduk kembali selama 10 detik.

3. Setelah tercampur rata, siapkan botol semprot plastik yang masih kosong, tuang hand sanitizer racikan Anda ke dalamnya dan tutup hingga rapat.


Dua hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer adalah Anda perlu mengoleskannya ke kulit sampai tangan Anda kering. Jika tangan Anda berminyak atau kotor, sebaiknya cuci terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air.


Diperlukan waktu setidaknya 60 detik, dan terkadang lebih lama, untuk hand sanitizer membunuh sebagian besar virus/kuman. Gunakan hand sanitizer hanya jika sabun dan air tidak tersedia dalam situasi tertentu. Hand sanitizer berbasis alkohol memang dapat dengan cepat mengurangi jumlah kuman di tangan dalam beberapa situasi, namun tidak menghilangkan semua jenis kuman.


Sebaliknya, sabun dan air lebih efektif daripada hand sanitizer  untuk menghilangkan beberapa jenis kuman, seperti Cryptosporidium, Norovirus, dan Clostridium difficile.

Meskipun hand sanitizer berbahan dasar alkohol dapat membunuh banyak jenis kuman dengan sangat efektif ketika digunakan dengan benar, kebanyakan orang mungkin tidak menggunakan hand sanitizer dalam kandungan alkohol yang cukup besar atau tidak dapat menyeka sampai tangan kering.









sumber, tribun.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238