image
Pentingnya Sarapan Sebelum Beraktivitas

26 February 2020 254 Viewed

Sarapan adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan aktivitas di pagi hari. Namun, seringkali kita mengabaikan sarapan karena padatnya jadwal di pagi hari, membuat kita lupa untuk sarapan. Padahal melewatkan sarapan bisa mengganggu kesehatan bahkan meningkatkan resiko terjadinya sejumlah penyakit.

Saat bangun tidur, kadar gula darah pada tubuhmu cenderung rendah. Padahal gula darah dibutuhkan oleh otot serta otak, agar dapat bekerja dengan baik. Nah sarapan di pagi hari, bisa membantu untuk memulihkan kadar gula darah tubuhmu.

Apabila tak sarapan, kamu akan kurang benergi. Sejumlah penelitian menemukan adanya peningkatan risiko pada penyakit tertentu pada orang-orang yang kerap mengabaikan sarapan. Dilansir dari laman alodokter, orang yang melewatkan sarapan berisiko terkena tekanan darah tinggi serta kenaikan kadar kolesterol. Selain itu, sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, bahwa rutin sarapan dapat mencegah penyakit stroke, khususnya yang disebabkan oleh pendarahan pada otak.

Kemudian melewatkan sarapan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Pasien diabetes tipe 2 tak disarankan untuk melewatkan sarapan, karena bisa mengacaukan kadar gula darahnya sepanjang hari.

Sebuah penelitian mengungkapkan, jika pasien diabetes mengabaikan sarapan, kadar gula darahnya ketika makan siang bisa naik hingga 37 persen, dibandingkan dengan yang rutin sarapan di pagi hari. Disarankan untuk sarapan dengan mengonsumsi makanan sehat. Agar gula darah tetap stabil, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat, protein dan lemak sehat.

Obesitas juga dapat terjadi bila seseorang melewatkan sarapan. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, bukan dengan melewatkan sarapan. Karena melewatkan sarapan justru dapat meningkatkan risiko terkena obesitas.

Melewatkan sarapan di pagi hari akan membuatmu justru makan lebih banyak ketika makan siang. Selain itu, kamu juga akan tergoda makan camilan tinggi lemak serta gula untuk pengganjal perut. Hal itu akan membuatmu jadi semakin sulit untuk menurunkan berat badan.

Penyumbatan pembuluh arteri (arterosklerosis) dapat muncul karena kebiasaan melewatkan sarapan. Sebuah studi menemukan, jika orang dewasa yang biasa tak sarapan, akan lebih rentan mengalami penyumbatan arteri jantung, ketimbang mereka yang rutin sarapan di pagi hari.

Kondisi aterosklerosis itu, diakibatkan oleh timbunan lemak, kalsium dan peradangan di pembuluh arteri. Sumbatan itu membuat arterimu menjadi keras dan menyempit, akibatnya kamu akan rentan terkena serangan jantung serta stroke.

Pentingnya sarapan tak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Karena sarapan bisa memberikan anak nutrisi serta energi yang dibutuhkan, untuk beraktivitas serta belajar. Anak-anak yang melewatkan sarapan, akan sulit berkonsentrasi, lebih cepat lelah serta rewel di sekolah. Hal itu bisa berakibat nilai pelajaran mereka cendrung lebih rendah, dibanding dengan anak-anak yang rutin sarapan.

Adapun pilihan menu makan sehat untuk sarapan, yaitu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat. Seperti telur, oatmeal, kacang-kacangan, yoghurt dan buah-buahan.





sumber, merahputih.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238