image
5 Olahraga untuk Menghilangkan Stres

29 January 2020 535 Viewed  https://merahputih.com/post/read/mudah-lakukan-olahraga-ini-untuk-hilangkan-stres

Setiap orang tentu pernah merasa stres. Mau itu dikarenakan karena tugas sekolah, kuliah, dan pekerjaan di kantor yang menumpuk. Bahkan, lebih parahnya, seseorang bisa stres tanpa sebab. Bila tidak mampu diatasi, stres akan membuat aktivitas dan kehidupan terganggu. Kamu akan sulit berpikir jernih, susah tidur, tidak produktif, hingga tidak fokus. Kunci menghilangkan stres ternyata mudah, kamu cukup berolahraga. Aktivitas fisik ini akan membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang dapat menghilangkan stres, karena kamu akan merasa bahagia.

Nah, kira-kira olahraga apa saja sih yang dapat menghilangkan stres?

1. Jalan santai atau jalan cepat

    Jalan santai merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan, karena sehari-hari pun kamu pasti berjalan. Apabila rutin dilakukan, jalan santai atau jalan cepat dapat meregangkan otot, melatih pernafasan serta menenangkan saraf, sehingga kamu merasa lebih santai. Aktivitas ini bisa dilakukan sesuai keinginan, namun akan lebih baik jika dilakukan dua kali dalam seminggu selama 10 menit. Setelah terbiasa, mulailah untuk menambahkan durasi secara bertahap. Dengan begitu, lama kelamaan kamu bisa mengelola stres dengan baik.

2. Menari

    Menari dapat meningkatkan kelincahan di seluruh tubuh. Saat menari, otak dan gerakan yang kamu lakukan harus sinkron. Hal ini akan membuat otak lebih fresh dan kamu bisa berpikir jernih.

3. Yoga

    Gerakan yoga mampu membuat tubuh menjadi lentur karena mengurangi ketegangan otot. Latihan memusatkan pikiran melalui pernapasan ini juga memicu relaksasi dalma tubuh, sehingga menjadi kunci utama untuk mengurangi stres berlebih. Yoga dapat dilakukan dimana saja, termasuk di rumah melaluipanduan video atau kelas provate. Beberapa pilihan jenis yoga yang bisa mengurangi stres seperti Hatha, Ashtangam vinyasa, atau bikram.

4. Tai chi

    Bela diri asal Tiongkok ini bukan hanya menggerakkan tubuh, Tai chi akan membuatkmu lebih berkonsentrasi agar bisa menghasilkan gerakan lentur. Hla ini pun dipercaya dapat meningkatkan stamina. Jika olahraga ini diimbangkan dengan istrahat cukup, stres akan berkurang sedikit demi sedikit.

5. Tenis

    Olahraga menggunakan raket ini merupakan permainan berpasangan. Kamu juga membutuhkan konsentrasi tinggi agar bisa mengejar memukul bola. Manfaat setiap gerakan pada tenis akan membuat jantung sehat dan menjaga tekanan darah tetap normal.








sumber, merahputih.com

    





TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238