image
5 Makanan Penyebab Insomnia

28 January 2020 419 Viewed  https://merahputih.com/post/read/tak-ingin-insomnia-hindari-makanan-berikut

Susah tidur atau insomnia adalah salah satu hal yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Insomnia tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena akan berdampak kepada kesehatan secara keseluruhan. Belum lagi aktivitasmu yang terganggu di hari berikutnya karena kurang tidur.

Melansir dari AARP, kesulitan tidur bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya makanan yang kita konsumsi. Terdapat beberapa kandungan yang membuat saraf tubuh kita tidak nyaman sehingga mengalami kesulitan relaks. Ada beberapa makanan yang berdampak pada kesulitan kita untuk tidur, berikut makanan yang dapat menyebabkan insomnia apabila dikonsumsi sebelum tidur:

1. Cokelat

Image result for coklat

Cokelat memiliki kandungan kafein seperti kopi. Meskipun kadarnya lebih sedikit, tetapi cukup tokcer untuk membuat mata terjaga selama beberapa jam. Kabar baiknya, cokelat mampu melepaskan hormon oksitosin dan menimbulkan perasaan bahagia sehingga mampu meningkatkan kualitas tidur. Sebaiknya kamu konsumsi cokelat beberapa jam sebelum waktu tidur ya!

2. Jeruk

Image result for jeruk

Kandungan acid dalam jeruk bisa membuat asam lambung naik seketika. Apalagi jika dimakan tepat sebelum tidur dan perut dalam kondisi kosong. Selain kesulitan untuk tidur, asamnya perut bisa mengacaukan pencernaan di malam hari. Tentu hal ini akan mengganggu kenyamanan ketika tidur.

3. Daging Merah 

Image result for dagingmerah

Usus membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencerna daging dibandingkan dengan sayuran. Maka, sebaiknya ketika sudah larut malam, hindari mengkosumsi daging agar tubuh lebih fokus untuk beristirahat.

4. Soda

Image result for soda

Minuman berkabonasi ini mampu menyegarkan dahaga dalam sekejap. Tetapi sayangnya, soda juga bisa memberikan efek yang sama seperti kafein pada kopi. Akibatnya, kamu akan kesulitan tidur pada malam hari.

5. Junk Food

Image result for junk food

Junk food merupakan makanan cepat saji yang mudah didapatkan dan juga tidak dapat ditolak. Rasanya yang nikmat memang susah untuk ditolak. Padahal sebenarnya, kebanyakan makanan cepat saji merupakan makanan yang berkalori tinggi, sehingga wajib dihindari sebelum tidur, karena sistem pencernaan akan sibuk bekerja dan kehilangan wakt6u untuk rileks.








sumber, hipwee.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238