image
Tips Mengobati Kejenuhan Saat Bekerja

06 December 2019 157 Viewed

Jenuh saat bekerja merupakan hal yang sangat wajar dan tentu saja pasti dialami oleh semua orang. Kepadatan rutinitas, deadline yang menghampiri, serta tekanan saat bekerja tentu saja bisa membuat seseorang menjadi jenuh dalam bekerja. Untuk itu sebaiknya selama bekerja, selalu sempatkan sedikit waktu untuk beristirahat, melakukan peregangan, bahkan ngobrol dengan rekan-rekan lainnya. 

Berikut ini beberapa tips untuk mengobati kejenuhan saat bekerja: 

1. Bercerita

Berkomunikasi dengan langsung bicara ke pokok permasalahan cenderung melibatkan bagian-bagian otak yang terbatas. Sedangkan berkomunikasi sambil bercerita melibatkan lebih banyak bagian otak yang dapat membantu meningkatkan pemahaman.

Sebuah studi menemukan bahwa mendengarkan cerita yang mengandung konflik cenderung akan melibatkan kita secara emosional. Hasilnya, tubuh akan melepas oksitosin yang membuat kamu meyakini pesan dan moral yang disampaikan dalam cerita tersebut.

2. Jangan sepelekan istirahat
Jika kamu sering melewatkan istirahat demi menyelesaikan pekerjaan, mungkin Anda harus segera menghentikan kebiasaan ini. Faktanya, otak perlu beristirahat agar bisa berfungsi dengan baik sepanjang hari. Istirahat penting untuk mengisi ulang energi, terutama istirahat di tengah pekerjaan kantor.

3. Tetap bergerak
Otak akan selalu terhubung dengan gerakan fisik. Menurut penelitian yang diinisiasi Oregon Health and Science University, berolahraga dapat meningkatkan daya ingat serta pembelajaran. Luangkan lah waktu untuk meregangkan tubuh atau sekedar berjalan-jalan saat istirahat. Meskipun sederhana, namun ini dapat membantu kamu untuk tetap segar dan bugar.

4. Berinteraksi
Berinteraksi dengan rekan kerja tak hanya sekadar untuk membangun koneksi ataupun kedekatan, namun juga untuk meremajakan otak agar siap mengerjakan tugas selanjutnya. Sebuah studi di Korea Selatan mengatakan bahwa istirahat sambil berinteraksi di tengah pekerjaan cenderung dapat mengurangi emosi negatif dan stres.

5. Tempatkan tanaman hijau
Sejumlah penelitian telah membuktikan pentingnya peran alam untuk meningkatkan fungsi otak agar lebih optimal. Penelitian yang dilakukan oleh University of Washington menunjukkan adanya peningkatan fungsi kognitif dan kesehatan mental saat berinteraksi dengan alam.

Jika sulit menemukan ruang hijau terbuka di tempat kerja, Anda bisa menempatkan pot tanaman hijau di meja kerja. Meskipun kecil, namun ini dapat membantu memberi ruang kepada otak untuk bernapas.

6. Temukan tempat privasi
Privasi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, termasuk ketika di lingkungan kerja. Setiap orang butuh waktunya sendiri untuk bebas dari distraksi, mengembangkan keahlian, dan fokus pada pekerjaan yang dihadapi.

7. Pencahayaan alami yang baik

Salah satu hal yang penting dari tempat kerja adalah pencahayaan alami yang baik. Cahaya alami terbukti memiliki efek yang positif untuk kesehatan, stres, dan produktivitas. Cahaya dapat menekan produksi hormon melatonin yang mengatur siklus tidur. Dengan begitu, otak akan menerima sinyal untuk tetap terjaga dan produktif.




sumber, cnnindonesia.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238