image
Cara Alami Atasi Radang Tenggorokan

13 December 2019 134 Viewed

Di musim hujan seperti ini, tubuh kita akan lebih rentan terkena berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering terjadi di musim hujan ini adalah radang tenggorokan. Radang tenggorokan terjadi saat saluran napas mengalami inflamasi akibat infeksi virus atau bakteri.

Biasanya, radang tenggorokan menjadi salah satu gejala dari penyakit flu dan batuk. Ditandai dengan rasa sakit, kering dan gatal pada tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening di area leher, serta suara serak. Rasa sakit semakin terasa saat menelan dan terpapar udara dingin. Bila infeksi sudah mulai memburuk, sejumlah gejala flu dan batuk juga akan dialami, seperti demam, bersin, sakit kepala, pegal-pegal, batuk berdahak serta hidung berlendir.

Bila tak sampai menghambat aktivitas, radang tenggorokan sebenarnya bisa diatasi secara alami di rumah. Lakukan sejumlah perawatan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Berikut sejumlah cara untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami, mengutip Healthline :

1. Madu murni

Madu yang diminum langsung atau dicampur dengan secangkir teh hangat dapat meredakan sakit tenggorokan. Bahkan, sebuah studi mendapati meminum madu murni lebih ampuh untuk mengatasi batuk akibat sakit tenggorokan ketimbang obat batuk biasa.

2. Air garam

Garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan, termasuk memecah lendir yang pekat penyebab batuk. Berkumur dengan secangkir air hangat yang diberi satu sendok teh garam dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Lakukan sebanyak 2 kali setelah sikat gigi pagi dan sebelum tidur malam.

3. Teh chamomile

Teh chamomile telah lama digunakan untuk pengobatan seperti mengobati radang tenggorokan. Bahkan, menghirup uap bunga chamomile yang direbus dapat membantu meringankan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

4. Peppermint

Dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan napas dan melegakan tenggorokan karena mengandung mentol. Menghirup uap peppermint juga membantu mengencerkan lendir sehingga meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus, yang dapat mendorong penyembuhan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, campur lima tetes minyak peppermint dengan minyak zaitun untuk dijadikan aromaterapi.

5. Bawang putih

Bawang putih juga memiliki sifat anti-bakteri alami berkat kandungan allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan bisa menjadi cara untuk mendapatkan sifat anti-mikroba.

6. Cabai rawit

Menikmati sup hangat dengan beberapa potong cabe rawit bisa meredakan nyeri tenggorokan. Cabai rawit mengandung capsaicin, senyawa alami yang dikenal untuk memblokir reseptor rasa sakit. Meskipun tidak terbukti secara ilmiah, menelan cabai dicampur dengan air hangat dan madu dapat membantu meredakan rasa sakit tenggorokan.


7. Biji fenugreek

Seperti biji chia, biji fenugreek kini mulai banyak dijual karena manfaat sehatnya. Penelitian menunjukkan kalau fenugreek dapat menghilangkan rasa sakit dan membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi atau peradangan. Fenugreek juga memiliki sifat anti-jamur yang efektif. Sejumlah cara mengatasi radang tenggorokan secara alami tersebut dapat Anda coba. Namun, bila radang tenggorokan tak mereda dalam tiga hari dan gejala semakin parah, maka Anda perlu mengunjungi dokter agar radang tenggorokan tak semakin menghambat aktivitas.




sumber, cnnindonesia.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238