image
Meski Segar, 6 Buah ini Sebaiknya tak Diolah Jadi Jus

18 November 2019 384 Viewed

Salah satu cara menikmati buah ialah dengan cara dibuat jus. Biasanya kamu akan membuat jus buah sehat sebagai sarapan ataupun pelepas dahaga di saat hari terik. Menyegarkan memang.

Namun, tahukah kamu bahwa tak semua buah pas dan baik diolah jadi jus. Food Revolution menyarankan kamu menggunakan alat masak yang tepat untuk beberapa buah. Tekstur dan kandungan nutrisi di dalamnya jadi pertimbangan.

1. Avokad

Hasil gambar untuk pokat

Buah hijau dengan biji bulat ini merupakan satu-satunya buah yang mengandung lemak baik. Teksturnya yang lembut membuatnya mudah dilumatkan. Tak perlu blender apalagi juicer untuk membuat 'jus' avokad.

Kamu cukup menggunakan sendok atau garpu untuk menghaluskan avokad. Atau pilihan lainnya, kamu bisa menikmati daging avokad yang lembut dengan menyendoknya langsung.


2. Apel

Hasil gambar untuk apel

Umumnya orang akan menggunakan juicer untuk membuat jus apel. Namun sayang, dengan cara itu, kamu akan membuang serat dalam buah ini. Akibatnya, kamu tak menikmati nutrisi apel seutuhnya.

Sebaliknya, jika kamu membuat jus apel dengan blender, amat mungkin bijinya ikut dihaluskan. Ternyata biji apel, apalagi yang masih mentah, mengandung amygdalin. Bila dikonsumsi dalam jumlah besar, zat itu dapat menyebabkan keracunan.


3. Pear

Hasil gambar untuk pir

Meskipun mengandung banyak air, pear malah tak cocok dibuat jus. Buah pear yang dibuat jus akan memengaruhi sistem pencernaan kamu. Hal itu disebabkan kandungan sorbitol dalam pear.

Sorbitol adalah gula yang lambat dicerna tubuh dan dapat merangsang pergerakan usus. Pada orang yang sembelit, jus ini mungkin membawa manfaat. Namun, pada orang yang sedang diare, jus ini bisa memperparah gejalanya. Cara terbaik menikmati pear ialah dengan mengonsumsinya langsung. Dengan begitu, kamu mendapatkan serat sehatnya sekaligus.

4. Jeruk

Hasil gambar untuk jeruk

Wah, padahal jeruk paling sering dijual atau disajikan dalam bentuk jus ya. Ternyata jeruk yang dibuat jus dengan blender amat mungkin tercampur dengan serabut kulit yang berwarna putih. Kulit jeruk itu mengandung senyawa yang dapat mengiritasi sistem pencernaan sehingga menimbulkan masalah pencernaan, seperti sakit perut. Kalau kamu mengolahnya dengan juicer, kadar serat jeruk akan berkurang. Untuk mendapatkan nutrisi seutuhnya, akan lebih baik jika jeruk dikonsumsi langsung.


5. Pisang

Hasil gambar untuk pisang


Sama seperti avokad, pisang juga punya daging yang cukup lembut dan mudah dilumatkan. Selain itu, tak banyak air dalam sebuah pisang. Meski tak cocok dibuat jus, kamu bisa menjadikan pisang sebagai campuran smoothies. Tambahkan bahan lain, seperti yogurt, madu, atau susu almond agar rasanya jadi lebih nikmat.


6. Nanas

Hasil gambar untuk nenas

Nanas juga mengandung banyak air sehingga akan nikmat diolah jadi segelas jus. meskipun demikian, membuat jus dari nanas menggunakan juicer bisa membuat kamu tidak mendapatkan nutrisi buah secara menyeluruh. Jadi biar tak rugi makan nanas, nikmati saja langsung nanas tanpa diolah




sumber, merahputih.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238