image
Ini Bahayanya Langsung Sikat Gigi Setelah Makan

21 November 2019 562 Viewed  https://sains.kompas.com/read/2019/11/19/090600123/bahaya-langsung-sikat-gigi-setelah-makan-dan-minum?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter

Banyak yang salah mengenai maksud dari menyikat gigi setelah makan. Pasalnya, langsung menyikat gigi setelah makan justru sebenarnya dilarang. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi setelah makan adalah sekitar satu setengah sampai satu jam kemudian. Menurut ahli, menyikat gigi segera setelah makan atau minum minuman asam, justru dapat merusak gigi. Pasalnya, asam pada makanan dan minuman akan mengikis enamel beserta lapisan di bawahnya yang disebut dentin. Dengan langsung menyikat gigi setelah makan atau minum, Anda berarti mempercepat proses kerusakan gigi.


Image result for makan


"Dengan menyikat gigi, Anda sebenarnya lebih mendorong asam ke dalam enamel dan dentin," ujar Dr. Howard R. Gamble, presiden dari Academy of General Dentistry, seperti dikutip The News York Times (21/05/2012).

 Dalam sebuah penelitian, sekelompok relawan diteliti untuk diperiksa mengenai dampak menyikat gigi setelah minum soda diet selama tiga minggu. Hasilnya, para ilmuwan menemukan peningkatan hilangnya dentin seseorang ketika menyikat gigi dalam 20 menit setelah minum soda. Ini berbeda ketika menyikat gigi dalam 30 atau 60 menit sesudahnya. Seseorang yang menunggu setengah sampai satu jam setelah makan untuk sikat gigi, tidak akan menyebabkan peningkatan hilangnya dentin. Oleh sebab itulah, para pakar menyarankan kita untuk menunggu sekitar 30 menit bila hendak menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman bersifat asam.

Image result for menyikat gigi

"Disimpulkan bahwa untuk melindungi permukaan dentin, setidaknya 30 menit harus berlalu sebelum menyikat gigi setelah serangan erosif," tulis para peneliti.

Sementara itu, untuk menghilangkan asam, Dr. Gamble menyarankan membilas mulut dengan air atau menggunakan campuran penetral asam seperti kumur dengan air atau baking soda.





sumber, kompas.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238