image
Terlalu Lama Menatap Layar Gadget Sebabkan Gangguan Ini

13 October 2019 214 Viewed

Kawan medan, kamu tau kan kalo kita terlalu sering main handphone pasti ada efek sampingnya deh. Tapi emang gak bisa dipungkiri kalo millenial kayak kita, bahkan yang muda maupun yang tua, juga bakal addicted sama handphone dan gadget. Padahal sebenernya penggunaan handphone seringkali dinilai menyebabkan masalah-masalah kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, pusing, darah tinggi, hingga gangguan tidur loh.

Apa sih sebenarnya yang jadi penyebab masalah kesehatan-kesehatan ini??

Salah satu penyakit yang terjadi akibat terlalu lama menatap layar gawai dikenal sebagai  Computer Vision Syndrome (CVS). Computer Vision Syndrome adalah sekumpulan masalah mata dan penglihatan yang disebabkan oleh penggunaan komputer, tablet, maupun ponsel.

Melansir Kompas.com (21/06/2016), menatap layar gadget terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang dan tidak rileks. Gejala CVS antara lain adalah penglihatan kabur, mata perih dan kering, hingga sakit kepala. Menurut The Pharmaceutical Journal, penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sekitar 75 persen dari populasi yang berkerja di depan layar selama 6-9 jam mengaku mengalami gangguan okuler. Melansir dari Malays Fam Physician, ada tiga mekanisme utama yang menyebabkan CVS, yakni mekanisme ekstraokuler, mekanisme akomodatif, dan mekanisme permukaan okuler. Efek visual pada komputer seperti kecerahan, resolusi, sorotan, dan kualitas adalah faktor-faktor yang dinilai berperan dalam terjadinya CVS.

Tingkat kemungkinan seorang pengguna gawai terkena CVS bergantung pada tingkat kemampuan visual dan lama waktu yang dihabiskan pada layar digital. Masalah-masalah penglihatan seperti rabun dekat dan astigmatisme, kurang mampunya mata untuk fokus, dan perubahan kondisi akibat usia juga dapat turut berpengaruh dalam perkembangan gejala tertentu akibat penggunaan gawai. Banyak dari penderita gejala CVS yang hanya mengalaminya secara sementara dan akan hilang setelah tidak menggunakan gawai. Akan tetapi, tidak jarang pula yang tetap merasakan penurunan kemampuan visual seperti pandangan yang blur meskipun sudah berhenti menggunakan gawai. Jika tidak dilakukan upaya untuk mengatasinya. Gejala-gejala ini dapat berlanjut dan memiliki probabilitas untuk memburuk dengan penggunaan gawai yang terus dilakukan. Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi CVS bermacam-macam, diantaranya adalah:

1. Mengetahui faktor-faktor risiko

2. Memperhatikan jarak layar

3. Memperbaiki posisi duduk

4. Jeda atau istirahat

5. Lebih sering mengedip

Selain itu, sebagai pencegahan, pemeriksaan rutin akan mata juga dapat membantu mencegah ataupun menurunkan perkembangan gejala-gejala yang berkaitan dengan CVS. Pencegahan atau penurunan risiko masalah mata juga dapat mencakup pengaturan pencahayaan atau sorotan pada layar gawai, menetapkan jarak dari pengguna ke layar, posisi badan yang baik untuk melihat layar, dan memastikan masalah-masalah penglihatan minor yang dialami sebelumnya telah diobati.




sumber, kompas.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238