image
7 Alasan Dengarkan Musik Ciptakan Perasaan Positif

07 October 2019 2853 Viewed  https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191001174103-255-435812/7-alasan-dengarkan-musik-ciptakan-perasaan-positif

Untuk sebagian orang, musik adalah salah satu hiburan yang sangat dibutuhkan. Musik seperti sudah menjadi bagian dari hidup kita yang dapat menemani disaat sepi. Bahkan musik sendiri sekarang akrab bagi semua kalangan, baik anak muda hingga para orang tua.

Bukan tanpa alasan bila musik favorit seakan memiliki efek 'ketagihan', ingin dengar lagi dan lagi. Melansir Medical Daily (3/9), musik memang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi seseorang secara pribadi. Bahkan, musik dapat menciptakan beragam emosi, mulai dari rasa tenang, bahagia, bahkan menciptakan ruang untuk bernostalgia.

Itu sebabnya, tak sedikit orang yang memilih untuk mendengarkan musik saat ingin memulai aktivitas atau dalam perjalanan menuju tempat bekerja. Berikut sejumlah alasan mengapa musik dianggap dapat menciptakan perasaan positif.

1. Pelepasan emosi
Musik dapat berperan sebagai kartasis bagi sebagian orang. Kartasis yang berasal dari bahasa Yunani memiliki arti upaya pembersihan, penyucian, atau pelepasan. Kehadiran musik dianggap dapat menjadi media untuk melepaskan perasaan negatif seperti rasa sakit atau frustasi tanpa efek samping. Inilah sebabnya mengapa mendengarkan jenis musik tertentu bisa membuat kita menangis, itu merupakan bentuk pelepasan sisi emosional secara sehat.

2. Nostalgia
Musik memiliki kemampuan untuk memutar kembali kenangan di masa lalu, memindahkan perasaan ke waktu di mana musik tersebut pernah begitu berarti. Ini merupakan kemampuan nostalgia yang dimiliki musik. Karena itu, dengarkan musik yang sekiranya dapat membawa kenangan bahagia, atau setidaknya membuat Anda tersenyum saat mengingat cerita dibalik musik kesukaan.

3. Emosi yang menular
Lirik dan nada dalam sebuah lagu ternyata bisa menularkan emosi. Musik yang sedih dapat membuat kita merasa sedih, sementara musik yang bahagia dapat memberi energi sepanjang hari. Sebagai contoh saat kita menghadiri sebuah konser. Saat melihat orang melompat sesuai irama, maka itu akan membuat kita 'tertular' ingin melompat juga.

4. Imajinasi mental
Lirik yang disampaikan dalam sebuah lagu dapat menciptakan imajinasi dalam pikiran. Imajinasi tersebut umumnya muncul dari keinginan yang diri yang terpendam, sehingga dapat menciptakan kepuasan imajinasi yang terasa menyenangkan.

5. Gerakan berirama
Menyelaraskan ritme tubuh dengan musik dapat menjadi sumber kesenangan bagi banyak orang. Inilah sebabnya mengapa menari dengan iringan musik sangat populer. Bahkan, musik dapat membuat sesi olahraga terasa lebih bertenaga, mudah dan menyenangkan.

6. Respon psikologis
Musik dinilai memiliki hubungan yang kuat dengan perasaan senang, dan dapat memicu respons biologis dan psikologis yang sama seperti mendapatkan imbalan uang, seks, dan bahkan makanan enak.


7. Wakilkan perasaan
Ada sebagian orang yang kesulitan untuk mengungkapkan perasaan secara langsung. Lirik musik dianggap mampu menyelesaikan masalah tersebut. Tak heran bila kini musik dijadikan cara untuk menyuarakan perasaan sehingga menurunkan rasa frustasi akibat perasaan yang tak bisa diutarakan dengan kata-kata.




cnnindonesia.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238