image
Tiap Hari Rutin Minum Teh, Kamu Akan Rasakan 10 Manfaat Ini

04 September 2019 263 Viewed

Teh banyak dipilih sebagai minuman sarapan selain kopi. Tak hanya beraroma harum dengan rasa khas, teh juga punya khasiat sehat. Apa pun musimnya, teh bisa menjadi minuman enak karena bisa disajikan dingin atau panas. Namun manfaatnya bukan hanya untuk menyegarkan tubuh. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum teh punya banyak khasiat sehat.

Di Indonesia teh yang populer adalah jenis teh hitam atau black tea. Teh hitam bisa berupa teh daun dan teh kantong atau teh celup. Teh yang berasal dari tanaman Camilia sinensis ini sejak ratusan tahun silam dipercaya berkhasiat sehat. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan terbaik teh seperti ditulis dalam Today (20/8).

1. Mengandung antioksidan

Tiap Hari Rutin Minum Teh, Kamu Akan Rasakan 10 Manfaat IniFoto: Twitter @hollharl

Antioksidan bekerja untuk mencegah tubuh cepat menua sehingga dapat membantu menjaga Anda awet muda dan melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat polusi. Teh putih mengandung antioksidan lebih banyak dibandingkan dengan teh hitam atau teh hijau karena teh putih tak mengalami banyak pemrosesan.

2. Mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi
Campuran herbal memang tidak memiliki kafein, namun teh tradisional memiliki kurang dari 50 persen kafein. Ini artinya Anda tetap aman konsumsi teh tanpa merasakan efek negatif seperti saat minum kopi. Jika Anda mencoba ingin beralih dari kopi ke teh, cobalah teh akar chicory seperti Teeccino, yang memiliki rasa yang mirip dengan kopi. Akar sawi putih juga dikenal untuk membantu mengurangi stress dan merupakan prebiotik sehingga dapat menyehatkan usus Anda.

3. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Tiap Hari Rutin Minum Teh, Kamu Akan Rasakan 10 Manfaat IniFoto: iStock

"Ada banyak kaitan tentang teh dan kesehatan jantung," kata Anna Ardine, manajer nutrisi di Rumah Sakit Magee-Womens.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan awal tahun ini menemukan hampir 20 persen pengurangan risiko serangan jantung dan 35 persen pengurangan risiko stroke di antara mereka yang minum satu hingga tiga cangkir teh hijau. Mereka yang minum empat cangkir atau cangkir teh hijau setiap harinya akan memiliki pengurangan 32 persen risiko terkena serangan jantung dan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

4. Bantu turunkan berat badan
Penelitian tentang ini sebenarnya tidak terlalu sekuat, kata Ardine. Ia menambahkan bahwa penelitian yang menunjukkan efek konsumsi teh untuk turunkan berat badan bergantung pada konsumsi teh dalam jumlah besar, seringkali dalam bentuk pil.

5. Menyehatkan tulang
Data dari penelitian pada hewan baru-baru ini menunjukkan bahwa teh hijau dapat mencegah tulang keropos. Moringa, tanaman yang berasal dari Asia Selatan, telah dikenal karena khasiat obatnya dan sekarang dengan cepat menjadi superfood. Dengan lebih banyak kalsium daripada susu, juga zat besi, vitamin A dan K, teh moringa merupakan asupan yang bagus untuk membantu menjaga tulang tetap kuat.

6. Memperkuat gigi

Tiap Hari Rutin Minum Teh, Kamu Akan Rasakan 10 Manfaat IniFoto: iStock


Peneliti Jepang telah menemukan bahwa teh dapat memperkuat gigi. Sebab teh dapat mengubah pH di mulut Anda ketika Anda meminumnya dan itu mungkin yang mencegah gigi berlubang. Selain itu, teh tidak seperti banyak minuman lain yang mengikis enamel gigi.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Penelitian telah menunjukkan teh dapat menyempurnakan sel kekebalan tubuh. Basil atau teh tulsi telah digunakan oleh para praktisi Ayurvedic selama berabad-abad untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat setelah cedera atau penyakit akibat sifat antibakteri, anti-jamur dan anti-inflamasi.

8. Bantu melawan kanker
Kanker menjadi penyakit mematikan di dunia. Selain jenisnya makin banyak juga menyerang orang-orang berusia muda atau produktif. Kandungan antioksidan dalan daun teh bisa menurunkan risiko kanker tertentu. Banyak studi mengatakan bahwa jika Anda memiliki riwayat kanker keluarga yang kuat, Anda bisa tingkatkan konsumsi teh.

9. Melancarkan sistem pencernaan
"Teh herbal, khususnya chamomile, sangat baik untuk penderita sindrom iritasi usus karena teh ini antispasmodik," kata Bonci. Sedangkan untuk meredakan mual, Anda bisa minum teh jahe.

10. Bebas kalori

Tiap Hari Rutin Minum Teh, Kamu Akan Rasakan 10 Manfaat IniFoto: iStock


Teh adalah minuman alternatif tanpa kalori yang bagus untuk dikonsumsi. Tanpa harus memasukkan apapun didalam minuman ini, atau mau diminum panas atau dingin, teh memang sangat mudah dan sehat dikonsumsi.



sumber, detik.com

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238