image
Kawan Medan, Ini Adalah 10 Masjid Termegah Di Indonesia

19 May 2018 3927 Viewed

Masjid Megah dan Indah bisa Anda temukan diberbagai daerah di Indonesia seiring dengan semakin luasnya penyebaran Agama Islam di Indonesia. Ada banyak masjid megah dan indah didirikan di wilayah Indonesia dengan gaya arsitektur yang terlihat sangat menakjubkan dari luar dan sangat memukau dari dalam masjidseperti kemegahan Masjid Kubah Emas Dian Al-Nahri di Depok, Jawa Barat atau Keindahan Arsitektur dari Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang. 

Berikut 10 Masjid Termegah Dan Terindah Di Indonesia yang dapat Anda kunjungi untuk tempat beribadah atau hanya untuk melihat keindahan arsitekturnya yang memang sangat mengagumkan. 

1. Masjid Agung Jawa Timur

Masjid Agung Kediri adalah salah satu masjid Termegah dan Terindah di Indonesia yang dibangun pertama kalinya pada tahun 1771 masehi. Setelah dilakukan renovasi beberapa kali masjid yang terletak di Jalan Panglima Soedirman yang memiliki luas bangunan 1.388,8 meter persegi diatas areal seluas 4780,6 meter persegi yang terdiri dari bangunan bertingkat tiga dengan fasilitas parkir yang luas, kamar mandi, wc dan 80 kran tempat wudhu.

Masjid yang memiliki menara setinggi 49 meter dengan air mancur di depannya ini akan terasa sejuk bila kita berada di dalamnya. Dengan hamparan marmer berwarna abu-abu dengan gaya arsitektur Romawi yang bisa dilihat dari seni mozaiknya marmernya serta hiasan pada cungkup masjid serta banyaknya tiang yang ada yaitu sebanyak 106 kolom menjadikan Masjid Agung Kediri menjadi salah satu Masjid Terindah Di Indonesia. 6. Masjid Raya Baitulrrahman, Nangroe Aceh Darussalam
2. Masjid Kubah Emas Dian Almakhrih Depok
Masjid Dian Al-Mahri yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas adalah salah satu Masjid Terindah Di Indonesia yang terletak di Jalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Kabupaten Depok, Jawa Barat. Selain sebagai tempat ibadah bagi ummat muslim, kompleks kawasan Masjid Kubah Emas juga merupakan Tempat Wisata Religi yang menarik perhatian banyak orang karena keindahannya.

Masjid yang dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten pada tahun 2006 ini memiliki luas 8.000 meter persegi dan dapat menampung jama'ah sekitar 20.000 orang. 
3. Masjid Istiqlal Jakarta
Masjid Istiqlal adalah masjid termegah dan terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Jakarta, Indonesia yang dirancang oleh Fredrerich Silaban. Sebagai masjid nasional Indonesia, Masjid Istiqlal diharapkan dapat menampung jamaah dalam jumlah besar karena itu arsitekturnya menerapkan gaya minimalis dengan mempertimbangkan keberadaannya di kawasan beriklim tropis.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Istiqlal juga merupakan Tempat Wisata Religi, Pusat Pendidikan Agamadan Pusat Aktivitas Syiar Islam. Dengan mengunjungi masjid ini para jamaah dan wisatawan dapat melihat keunikan arsitektur masjid yang merupakan perpaduan antara arsitektur Indonesia, Timur Tengah dan Eropa.    
4. Masjid Islamic Centre , Samarinda
Masjid Islamic Centre Samarinda adalah Masjid Terindah Dan Termegah selanjutnya di Indonesia. Masjid yang terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Masjid ini merupakan Masjid Termegah dan Terbesar Di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal, Jakarta dan Masjid Al-Akbar.

Masjid yang memiliki luas banguanan 43.500 meter persegi memiliki 7 menara setinggi 99 meter yang melambangkan Asmaul Husna atau nama-anam Allah SWT yang jumlahnya 99. Menara utama terdiri atas bangunan 15 lantai yang masing-masing lantainya setinggi 6 meter. 
Selain memiliki menara utama, bangunan ini juga memiliki 6 menara di bagian sisi masjid. 4 menara setinggi 70 meter dan 2 menara lainnya setinggi 57 meter. 
5. Masjid Raya Baitur Rahman Nagroeh Aceh Darussalam
Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di pusat kota Banda Aceh adalah salah satu Masjid Termegah dan Terindah Di Indonesia dan juga merupakan salah satu Situs Sejarah yang mampu bertahan hingga hari ini. Masjid yang dibangun pada saat Kesultanan Aceh sekitar tahun tahun 1022 H atau 1612 Masehi yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam.  
6. Masjid AL-Markas AL-Islami Makassar
Masjid Al-Markaz Al-Islami merupakan sebuah masjid terindah selanjutnya yang terletak di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid yang diresmikan pada tahun 1996 merupakan salah satu pusat ibadah agama Islam terbesar dan termegah di Asia Tenggara. Masjid yang terdiri dari 3 lantai yang seluruhnya di lapisi Batu Granit. 
Gaya arsitekturnya banyak dipengaruhi oleh Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Jika Anda memasuki masjid ini, Anda akan menemukan nuansa sejuk dan hijau dari masjid.
7. Masjid Rahmad Lilalamin , Indramayu
Masjid Rahmatan Lil-Alamin merupakan masjid termegah dan terindah yang berlokasi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Heurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat bergaya tradisional kontemporer. Desainnya mencakupi masjid-masjid diseluruh dunia. Bentuk lengkungan pada Mihrab misalnya mengadopsi mengadopsi lengkungan Masqura Masjid Cordoba yang dibangun oleh Umayyah. Sedangkan betuk lengkungan pada empat gerbang utama masjid mengadopsi lengkungan yang lazim digunakan pada masjid di Mesir yang dibangun oleh Fatimiyah.Dan sebagai prasarat untuk ketahannya digunakan bahan granit yang bisa bertahan hingga ribuan tahun lamanya.   
8. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah merupakan sebuah masjid yang dibangun di Kota Semarang, Jawa Tengah yang mulai diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid yang dirancang dengan gaya arsitektual campuran Jawa, Islam dan Romawi di arsiteki oleh Ir. H. Ahmad Fanani. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam lengkap dengan satu menara terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter.
9.Masjid Agung Annur , Pekan Baru 
Masjid Agung An-Nur merupakan salah satu masjid termegah dan terindah di Pekanbaru. Masjid yang diresmikan pada tahun 1968 yang juga merupakan Masjid Termegah Dan Terindah Di Indonesia banyak mendapat pengaruh arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India.
Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru, Provinsi Riau ini disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau. Masjid yang dirancang oleh arsitektur Ir. Ruseno dapat menampung sekitar 4.500 jama'ah.    
10. Masjid Agung Tuban Jawa Timur
Masjid Agung Tuban adalah salah satu masjid yang berdiri dengan sangat megah dan indah ditengah alun-alun kota Tuban, Jawa Timur. Masjid yang didirikan oleh Adipati Raden Ario Tedjo, Bupati Tuban pertama yang beragama Islam pada abad ke-15 saat Tuban masih di kuasai oleh Kerajaan Majapahit.
Secara keseluruhan setelah dilakukan beberapa kali renovasi, gaya arsitektur Masjid Agung Tuban merupakan perpaduan gaya arsitektur masjid seperti, Tampilan luar masjid mengadopsi gaya Masjid Imam di Iran, Interiornya mengadopsi gaya Masjid Cordoba di Spanyol. Semetara arsitektur khas Jawa terdapat pada ukiran tangga yang terbuat dari bahan kuningan.
Nah itulah keberadaan 10 Masjid Termegah dan Terindah Di Indonesia yang dapat Anda nikmati sebagi tempat beribadah dan juga sebagai tempat wisata religi. Semoga dengan dibangunnya masjid-masjid ini akan menambah keimanan kita kepada Allah SWT. 
&

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238