image
Kawan Medan, Ada 17 Fakta-Fakta Unik Tentang Bulan Suci Ramadhan Di Negara Indonesia

23 May 2018 3685 Viewed

Dalam hitungan hari kita semua akan menyambut bulan penuh berkah yaitu bulan suci ramadhan yang banyak di rindukan oleh kebanyakan umat islam nah berikut ini fakta-fakta menarik bulan suci ramadhan yang ada di indonesia.

Pada bulan puasa atau bulan suci ramadhan adalah waktu bagi umat islam di seluruh dunia melaksanakan puasa wajib selama satu bulan penuh.Puasa akan dilaksanakan mulai dari subuh hingga waktu adzan magrib berkumandang.

 Berikut  ini 17 fakta-fakta menarik yang terjadi di pada bulan suci ramadhan :

1. Awal Ramadan Ditentukan Oleh Bulan Baru

Awal ramadan ditentukan dengan penampakan atau mengamati  bulan baru. Akibatnya, kadang kala awal ramadan bisa saja bervariasi di lain daerah.Sesuai  kondisi cuaca,alam dan faktor lain mempengaruhi penampakan bulan baru untuk menentukan bulan suci ramadhan.

2. Tanggal Ramadhan Berubah Setiap Tahun

Biasanya tanggal bulan suci ramadhan berubah atau bergeser 11 atau 12 hari lebih awal atau maju setiap tahunnya .

3. Tujuan Bulan Suci Ramadhan

Selama bulan suci Ramadan, umat Islam berpuasa dari pagi hingga petang atau sampai adzan magrib. Para muslim diharap untuk menjauhkan diri dari perbuatan yang di larang saat bulan suci ramahan seperti  perbuatan kotor, misalnya, gosip dan zinah dan sebagainya.

4. Perubahan Waktu Kerja Di Bulan Suci Ramadhan

Di banyak negara-negara yang memiliki mayoritas penduduk umat islam yang lebih besar, bulan suci ramadan memiliki dampak yang besar di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Contohnya biasanya, ada pengurangan jam bekerja atau jam belajar di sekolah.

5. Pengecualian Tidak Berpuasa

Beberapa umat Islam di perbolehkan untuk  tidak berpuasa selama ramadan, seperti wantia yang hamil, orang yang secara mental atau fisik sedang sakit sehingga tidak bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan, dan wanita yang sedang dalam fase menyusui anak. Anak-anak juga tidak diwajibkan menjalankan puasa sebelum mengalami proses pubertas.

6. Stasiun Televisi Banyak Yang Berlomba-Lomba Menayangkan Program Religi Islami

Pada bulan suci ramadhan banyak stasiun televise yang berlomba-lomba menayangkan program religi islami, entah itu sinetron  atau yang di kemas dengan sangat kental nuansa islamnya, ceramah keagama atau kultum menunggu sahur maupun menjelang berbuka puasa, dan juga variety-variety show lainnya. Tidak hanya tv berskala nasional, tv lokal pun seakan tak mau kalah menayangkan program religi islami.

7. Banyak Musisi Launching lagu-lagu religi islami

ada bulan ini, banyak band atau musisi yang sebelumnya fokus pada lagu-lagu tema sahabat, cinta, kehidupan tiba-tiba ikutan serta memeriahkan bulan suci ramadhan dengan karya-karya mereka yang berupa lagu-lagu religious islami.

8. Banyak Promo Gencar-Gencaran Dan Perang Diskon Besar-Beasran Di Mall Atau Supermarket

Bagi  penggemar belanja / shopping holic terutama cewek atau wanita, tunda sejenak hobi Anda sebulan sebelum  bulan puasa ramadhan dan lebaran ramadhan, karena biasanya pada bulan-bulan  ramadhan bayak mall, toko, toko online banyak yang melakukan promo atau diskon barang-barang yang mereka jual. Promo  yang populer biasanya banting harga atau memberi diskon yang sangat menggiurkan. Manfaatkanlah momen ini untuk belanja sesuai dengan kebutuhan anda pada bulan suci ramadhan dan jangan sampai anda kebabblasan dalam berbelanja.

9. Banyak Muncul Penjual Kembang Api Bermunculan

Banyak orang yang berstatement  atau beranggapan membeli kembang api sama seperti membakar uang. Namun meski statement atau anggapan ini gencar di ucapkan orang tua kepada anaknya, tetapi tetap tidak menghalangi para penjual kembang api untuk tetap berjualan, berharap berkah bulan suci ramadhan. Di berbagai kota banyak lapak penjual kembang api, mereka seperti berjejer rapi memenuhi  pinggiran jalan protokol atau pinggiran jalan utama.

10. Banyak Badan Jalan Yang Di Sebagian Kota Di Tutup Setiap Menjelang Buka Puasa

Aktivitas ngabuburit atau jalan-jalan sebelum berbuka puasa biasanya di manfaatkan untuk mencari takjil atau makanan. Nah pada bulan suci ramadhan ini, sebagian kota banyak memberlakukan aturan buka tutup jalan untuk mempersilahkan warganya berjualan takjil  ataupun makanan lainnya di badan jalan protocol atau jalan utama. Jadi selama aktivitas ini, pengendara bermotor dilarang melewati jalan ini, khusus para pejalan kaki yang di perbolehkan. Baru setelah jam berbuka, badan jalan ini akan kembali di buka untuk pengendara bermotor.

11. Penukaran Uang BaruAgar mendapatkan uang baru, Anda harus mengeluarkan uang lebih. Misalnya dengan menukar seratus ribu uang baru, bersiaplah untuk mengganti dengan Rp 110.000 atau lebih 10ribu dari uang anda. Fenomena ini biasanya hanya terjadi selama bulan suci ramadhan dimana orang-orang menawarkan jasa penukaran uang baru. Pada bulan ini permintaan uang baru sangatlah meningkat pesat.

12. Masjid Menjadi Ramai Di Minggu Pertama Hal ini tidak hanya terjadi di pada daerah saya saja, menurut kabar dari teman-teman di jejaring social atau sosmet hal ini juga terjadi di daerah mereka, dimana masjid yang biasanya sepi aktivitas di hari-hari biasa menjadi sangat ramai di minggu-minggu pertama bulan suci ramadhan.

13. Membangunkan Orang Untuk Sahur Kegiatan unik tersebut telah berlangsung  sejak lama dan sudah menjadi tradisi atau mendarah daging di masyarakat indonesia ,Biasanya ada sekelompok  warga yang senantiasa membangunkan warga lainnya untuk melaksanakan sahur, berkeliling dengan membawa alat  yang bisa mengeluarkan suara nyaring  seperti gallon bila di pukul, penggorengan,  alat music dan alat-alat lain sebagainya. 

14. Buka Bersama Kegiatan yang biasa kita sebut dengan BukBer atau buka bersama ini memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, BukBer atau buka puasa bersama juga di manfaatkan untuk sebagai ajang silaturahmi sesama muslim.

15. Ada Menu Berbuka Yang Terpopuler Di Bulan Puasa Ya,salah satunya ialah kolak makanan khas berbukan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dari sabang sampai merauke. Kebanyakan masyarakat Indonesia, setiap berbuka selalu mengonsumsi kolak sebagai hidangan pembuka. 

16. Terdengar Suara Bedug Ketika di bulan suci penuh berkah ini, hari-hari memang jadi lebih menyenangkan dibandingkan bulan lainnya. Salah satu penyebabnya adalah karena kita bisa mendengarkan alunan bedug yang dipukul oleh orang lain atau bahkan kita sendiri yang memukulnya, untuk memberitahukan saatyan berbuka puasa atau yang lebih semarak lagi pada malam takbiran.

17. Waktu Pacaran Jadi Lebih Singkat Biasanya kalo malam minggu jam 7 malam sudah siap-siap berangkat untuk apel ke rumah pacar, sedangkan pada bulan suci ramadhan biasanya harus diundur dulu sesudah waktu sholat taraweh selesai baru bisa berangkat ataupun kadang juga tidak ikut sholat taraweh atau bolos sholat taraweh.

Sumber : https://www.maxnyoos.com





Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238