image
Kawan Medan, Ternayata Ada 4 Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata

12 April 2018 77 Viewed

akarta, CNN Indonesia -- Mengucek mata biasanya jadi kegiatan yang otomatis dilakukan saat bangun tidur atau saat ada benda asing yang masuk. 

Kegiatan ini dianggap wajar dan biasa dilakukan. Namun tanpa diketahui hal sepele ini justru bisa menimbulkan bahaya. 

Mata merupakan organ tubuh dengan begitu banyak pembuluh darah. Menguceknya sama saja mengganggu kinerja pembuluh darah. Tak hanya itu, ada sederet bahaya yang siap mengintai jika kebiasaan ini tidak segera diubah.


1. Penyakit konjungtivitis

Mengucek mata dapat berujung pada penyakit konjungtivitis atau infeksi pada konjungtiva. Dilansir dari WebMD, konjungtiva merupakan jaringan bening dan tipis pada bagian mata yang berwarna putih dan pada bagian dalam kelopak mata. 

Saat mengucek mata, tangan tak selalu dalam keadaan bersih. Ia dapat membawa virus maupun bakteri. Bakteri atau virus sini dengan cepat dapat menyebar ke mata dan kadang menimbulkan konjungtivitis. 
Biasanya pengobatan konjungtivitis tidak memakan waktu lama tergantung dari parah tidaknya penyakit. Jika mata merah akibat virus, biasanya bisa hilang dalam waktu seminggu. 

2. Penyakit keratokonus

Dilansir dari Vision Eye Institute, yang paling mengkhawatirkan dari kebiasaan mengucek mata adalah penyakit keratokonus. Terlalu sering mengucek mata dapat membuat kornea semakin tipis, sehingga kemampuannya melemah dan makin terdorong atau mengerucut keluar. 

Mereka yang mengalami keratokonus biasanya merasakan pandangan kabur atau buram, mata jadi sensitif terhadap cahaya, dan pandangan seperti berkabut. 
Jika belum parah, maka penglihatan bisa ditolong dengan bantuan lensa kontak. Dikutip dariHello Sehat, ada pula kondisi kornea yang sudah tidak memungkinkan untuk dipasang lensa kontak sehingga pasien perlu operasi atau cangkok kornea. 

3. Memperburuk penglihatan

Mereka yang menderita miopia atau rabun jauh penglihatannya akan semakin buruk jika kerap mengucek mata. Miopia terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya yang masuk pada retina. mengucek mata membuat retina yang sudah lemah semakin parah kondisinya karena ditekan terus-menerus. 
4. Timbul lingkaran hitam

Dikutip dari Reader's Digest, kebiasaan mengucek mata dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini tampak sepele tapi tentu mengganggu penampilan. Tsippora Shainhouse, dermatolog di Beverly Hills perlu penanganan lebih lanjut jika orang terlalu sering mengucek mata saat tengah malam. 
Ia merekomendasikan untuk menggunakan krim hemorrhoid untuk menyembunyikan pembuluh darah yang terlihat. Agar lingkaran hitam dapat hilang secara permanen, kompres mata dengan potongan timun. Kandungan sodium yang tinggi akan mengangkat air di bawah mata. (chs)

Sumber            : https://www.cnnindonesia.com

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238