image
Tetap Minum Kopi Selama Bulan Puasa, Mengapa Tidak?

08 June 2017 3020 Viewed


Mungkin kamu terbiasa menikmati secangkir kopi di pagi hari sebelum menjalankan aktifitas sehari-hari. Dan datang Bulan Puasa Ramadhan. Berpikir untuk menghentikan ‘ritual’ ngopi kamu mungkin tampak sangat sulit bagi kamu. Jika kamu peminum kopi, kamu pasti telah mengalaminya: rasa lelah, bahkan pusing, jika melewatkan rutinitas minum kopi kamu di pagi hari. Lalu bagaimana cara mengatasinya di bulan puasa kali ini?

Daripada harus menghentikan ritual ngopi anda secara mendadak, yang mana rasanya sangat tidak nyaman, kamu bisa mulai membuat perubahan secara perlahan menjelang datangnya bulan puasa Ramadhan. Jika kamu terbiasa minum 3 gelas kopi setiap harinya, maka dua minggu sebelum puasa Ramadhan, kamu bisa menguranginya menjadi dua gelas di beberapa hari awal, lalu menjadi satu gelas diakhir minggu pertama. Seminggu sebelum puasa, mulailah mengganti kopi kamu menjadi kopi rendah kafein atau tanpa kafein.

Menikmati kopi selama bulan puasa

Tentu kamu masih bisa menikmati kopi selama Bulan Ramadhan. Hanya saja waktunya yang disesuaikan, dan tidak langsung meminumnya begitu ada kesempatan. Berikut ini dibagikan beberapa tips agar kamu tetap dapat menikmati ritual minum kopi kamu yang berharga.

# Saat buka puasa

– Hindari berbuka puasa dengan kopi, karena kafein akan meningkatkan pelepasan asam lambung di perut kamu yang masih kosong. Hal ini bisa menyebabkan kamu mengalami gangguan pencernaan. Berbuka-lah seperti biasa. Lebih baik lagi jika kamu berbuka puasa dengan kurma + air putih/susu. Alternatif lainnya adalah minuman yang manis.

– Kamu bisa minum kopi setidaknya dua jam setelah menyantap hidangan buka puasa kamu. Dengan begitu tubuh kamu telah menyesuaikan diri dengan kadar gula dalam darah setelah makan. Selain itu, secangkir kopi membuat kamu lebih ‘alert’ dan siap menjalankan ibadah tarawih.

# Di malam hari

Jika kamu terbiasa minum kopi di malam hari, setidaknya kali ini minumlah kopi rendah/tanpa kafein (decaffeinated coffee). Karena minum kopi terlalu malam bisa mengganggu tidur kamu. Kopi tanpa kafein tetap mengandung antioksidan yang pasti dibutuhkan tubuh kamu.

# Saat sahur

Saat sahur, kamu bisa menikmati hidangan secangkir kopi seperti biasa. Jika kamu terbiasa minum kopi di pagi hari, maka minum kopi menjelang subuh tentu tidak jauh berbeda. Secangkir kopi menjelang imsak tentu membantu kamu tetap terjaga dan berkonsentrasi saat bekerja/melaksanakan aktifitas di siang hari.

Sumber : https://www.webkesehatan.com/minum-kopi-puasa-ramadhan/

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238