image
Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Punya Tradisi Mudik

20 June 2017 3516 Viewed


Nggak kalah heboh dan seru nih.

Tradisi tahunan yang udah pasti terjadi di Indonesia dari dulu sampai sekarang adalah mudik. Biasanya mudik paling heboh dan besar terjadi saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Selain habis dapat THR, libur yang panjang juga dimanfaatkan buat nengok kampung halaman. Siapa tahu mantan mau diajak balikan. *lohh.

Balik lagi ngomongin mudik, ternyata ada beberapa negara yang juga punya tradisi mudik loh. Mana aja yah? Yuks, simak.

1. Malaysia


Nggak jauh dari Indonesia, Malaysia adalah negara lain yang punya tradisi mudik di hari raya. Namanya juga masih tetanggaan, masih ada beberapa kebiasaan yang sama itu wajar. Biasanya orang-orang di Malaysia menyebut momen mudik dengan istilah 'balik kampong'. Suasananya juga mirip kayak di Indonesia. Banyak orang yang kerja di kota besar, pulang ke kampung halamannya. Nggak lupa juga bawa oleh-oleh yang segambreng.

2. Bangladesh


Selain Malaysia dan Indonesia, Bangladesh termasuk negara dengan jumlah penduduk beragama Islam yang banyak. Wajar aja kalo mereka juga punya tradisi mudik menjelang hari raya Idul Fitri. Satu hal yang unik di Bangladesh adalah stasiun bakal jadi tempat terpadat saat musim mudik. Warga di sana emang lebih suka pakai kereta daripada alat transportasi lainnya. Mereka sangat menghindari transportasi darat lain karena jalanan di sana masih belum memadai. Banyak banget jalur yang rusak apalagi kalo musim hujan. Aduh! Mendingan ikut antre di kereta deh.

3. India


Masih di Asia, India juga punya tradisi mudik. Di India, orang bakal mudik saat perayaan Diwali atau Festival Cahaya. Kalo lagi ada perayaan ini, India bakal ramai dan meriah banget. Tiap rumah bakal dihiasi dengan berbagai macam cahaya yang warna-warni. Kereta juga jadi transportasi paling favorit saat orang-orang mudik ke kampung halaman. Sama kayak di Indonesia, kalo mau dapat tiket kereta buat mudik, orang-orang harus pesan jauh-jauh hari.

4. China


Negara lain yang juga punya tradisi mudik adalah China. Di sana biasanya mudik terbesar juga terjadi saat perayaan hari raya. Tentu aja hari raya Imlek. Di kampung orang-orang bakal silaturahmi sama keluarga dan tetangga, makan bersama dan saling tukar hadiah. Seru banget dah pokoknya.

5. Amerika Serikat


Siapa sangka di Amerika Serikat ada tradisi pulang kampung juga. Biasanya orang-orang bakal pulang kampung saat perayaan Thanks Giving. Perayaan yang jatuh di bulan November itu selalu meriah dan dipenuhi suka cita. Oya, ada makanan khas juga loh saat Thanks Giving, yaitu olahan kalkun dan labu.


TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238