image
Takut Menghadapi Ujian Tulis? Inilah 7 Hal Penting yang Dapat Kamu Lakukan Sebelum Waktu Ujian Tiba

23 March 2017 3150 Viewed


Ujian tertulis di sekolah maupun di perkuliahan sering kali menjadi hal yang menakutkan bagi pelajar dan mahasiswa untuk menghadapinya. Kadang, rasa galau yang menghantui malah membuat kita untuk semakin ogah-ogahan buat belajar. Tapi, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui guna mempermudah langkahmu ketika akan menghadapi ujian.

1. Mengorganisir materi yang akan dipelajari, sehingga lebih mudah untuk dipahami


Mengorganisir sesuatu yang menjadi bahan ujian akan memudahkan kamu untuk memahami lebih baik materi tersebut. Materi yang terorganisir membuat pemahaman kita semakin mudah dan mudah juga untuk diingat kembali. Karena pada dasarnya, otak lebih mudah untuk mengingat hal yang tersusun rapi dan terorganisir, bukan hal yang acak.

2. Melakukan metode belajar kelompok agar lebih mudah untuk saling bertukar pikiran


Manfaat belajar secara kelompok adalah kita mempunyai kesempatan untuk sharing. Bertukar pendapat sangat diperlukan karena hal tersebut adalah salah satu cara yang efektif untuk memperluas pendalaman materi. Usahakan belajar kelompok antara 3-4 orang. Jangan lebih karena apabila terlalu banyak teman satu kelompok kita biasanya suasana akan lebih susah untuk diatur. Suasana yang tenang dan keaktifan masing-masing individu dalam bertukar pikiran sangat diperlukan di sini.

3. Menulis poin-poin yang kira-kira akan ke luar dalam ujian


Pembelajaran zaman sekarang sudah semakin dimudahkan. Karena pada umumnya pelajar sudah diberikan kisi-kisi atau bisa disebut kisi-kisi materi yang keluar di esok hari. Nah untuk semakin mudah dalam mempelajarinya, tulislah kembali poin-poin tersebut agar otak lebih mudah mengingat. Membaca dan menulis adalah salah satu cara mengingat yang terbaik.

4. Tidak pernah menerapkan sistem kebut semalam


Biasanya pelajar yang sungkan untuk belajar, selalu menimpakan waktu belajarnya saat H-1 sebelum ujian. Berbeda dengan pelajar yang selalu mempelajari setiap materi dalam kesehariannya. Mereka yang merasa belum menguasai materi akan berusaha menggebu-gebu untuk memahaminya dalam satu malam. Dan pada kenyataannya materi tersebut hanya sepintas lewat dalam pikiran mereka kemudian keesokan harinya hilang karena tertimpa oleh rasa kantuk dan sebagainya.

5. Jangan terlalu fokus pada 1 hal


Apabila kamu terlalu fokus pada suatu hal biasanya hal yang lain akan rawan keteteran. Mengapa? Karena kamu pasti merasa lebih percaya diri apabila sudah menguasai salah satu materi, padahal kenyataannya tidak. Banyak materi yang terbengkalai yang belum kamu rambah. Oleh karena itu jangan terlalu fokus pada satu hal. Apabila mengalami kesulitan coba tanyakan kepada guru les atau teman dekatmu.

6. Mencoba untuk mengerjakan soal yang kira-kira keluar


Ini adalah cara terampuh untuk menghadapi ujian. Mengerjakan soal yang sejenis akan mengasah pemahamanmu dalam mengerjakan soal yang bahkan lebih sulit. Karena ini bukan menyangkut kalian sudah hafal atau tidak, melainkan tentang pehamaman. Sesulit soal apapun apabila kamu sudah paham dengan cara penanganannya adalah satu hal yang enteng.

7. Berdoa


Doa tanpa usaha adalah kebohongan. Usaha tanpa doa adalah kesombongan. Peribahasa yang patut kita contoh. Setelah berusaha layaknya kita berdoa karena selain hal tersebut adalah kewajiban, doa adalah dorongan berbentuk psikologis agar kita semakin tenang dan percaya diri dalam menghadapi suatu hal salah satunya ujian.


BTW Kawan Medan, ketujuh metode tersebut nggak selalu mutlak berhasil, tapi apabila kamu berusaha walaupun ada kesulitan, kamu tetap mempunyai bekal kok. Jangan pernah berharap kepada teman seperjuangan kamu karena mereka juga belum tentu benar. Latih kepercayaan dirimu sehingga bisa menjadi pribadi yang tangguh. Oke ;)

https://today.line.me/id/article/08eef3ba9b911a295af33016c5798add7186b55f1f0ab84736dbfc89afd4d71a

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238