image
HAL-HAL YANG PERLU KAMU TAHU SEPUTAR EARTH HOUR

25 March 2017 3502 Viewed



Sebagian besar dari kamu mungkin sudah banyak yang tahu tentang gerakan bertajuk Earth Hour pada bulan Maret setiap tahunnya. Seperti yang pernah Nyoozee bahas di artikel sebelumnya, Earth Hour adalah agenda besar yang digagas oleh WWF untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim yang mendunia.

Meskipun telah digencarkan dan dilakukan sejak tahun 2007 silam, tampaknya belum cukup banyak orang yang tergerak untuk peduli dengan isu ini. Ya, belum banyak orang yang sadar dan menelaah kembali mengapa Earth Hour menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh mereka.

Mungkin kamu pun merasa begitu. Oleh sebab itu, Nyoozee akan mencoba memberimu gambaran dan pemahaman seputar Earth Hour, juga seberapa pentingnya kontribusimu dalam kampanye ini.

Kenapa Earth Hour Menjadi Begitu Penting?


Setiap harinya, berjuta-juta orang menggunakan begitu banyak energi untuk beraktivitas. Kamu tentu tidak mungkin memungkirinya kan? Hal ini tanpa sadar ternyata punya dampak buruk terhadap lingkungan.

Salah satu dampak yang paling umum ialah kemunculan emisi karbon akibat konsumsi energi yang secara rutin kita lakukan dari hari ke hari. Emisi karbon adalah sisa-sisa pembakaran dari hal-hal yang mengandung karbon, biasanya bahan bakar.

Nah, emisi karbon ini nih yang jadi salah satu komponen aktif pendorong kemunculan pemanasan global. Mengingat isu kemacetan ibu kota sendiri saja sudah terbayang kan, betapa sebenarnya aktivitas kita sehari-harinya ternyata punya dampak yang begitu besar terhadap pemanasan gobal dan perubahan iklim?

Mengetahui betapa bahayanya penggunaan energi untuk lingkungan, makanya earth hour pun digagas dilaksanakan. Hanya butuh satu hari dari total 365 hari dalam setahun. Bahkan ini pun tidak sepenuhnya dilakukan dalam satu hari.



Earth hour hanya membutuhkan satu jam saja dalam sehari untuk membantu dunia menanggung beban emisi karbon yang dihasilkan oleh kita saat penggunaan energi. Toh, hidup kita tidak akan berhenti sekalipun harus puasa dari teknologi dan perangkat energi lainnya kan?

Sekarang bayangkan deh, jikalau ini dilakukan oleh seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia. Pasti akan sangat hebat dong! Sebagai manusia yang menghuni bumi yang sama, kita bisa bersama memerangi dan meminimalisasi dampak global warming yang semakin hari semakin buruk?

Apa Sih Tujuan Utama Earth Hour?


Tentumya agenda besar ini punya tujuan membuat aksi solidaritas untuk menjadikan bumi sebagai tempat yang layak huni. Salah satunya ialah dengan mengurangi resiko atau dampak dari wabah pemanasan yang telah mendunia seperti sekarang ini.

Selain itu, earth hour juga punya tujuan untuk membuatmu menyadari bahwa kamu sebenarnya bisa kok hidup dengan hemat energi. Atau bahkan, kamu juga bisa hidup tanpa terlalu terikat dengan perangkat teknologi atau apapun yang punya harus menggunakan energi.

Siapa Saja Sih Sasaran dari Kampanye Earth Hour?

Semua orang, tanpa terkecuali. Termasuk kamu.

Bagaimana Cara Ikutan Earth Hour?


Oh, mudah sekali. Kamu hanya perlu meluangkan waktumu di pada tanggal 19 Maret untuk mematikan semua energi di tempat tinggalmu selama satu jam. Ya, cukup satu jam saja.

Proses ini akan berlangsung pada pukul 20.30 hingga 21.30, dengan standar waktu setempat. Jadi, kemungkinan akan berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lain. Nah, meskipun awalnya proses pemadaman ini dilangsungkan pada hari Sabtu di minggu terakhir bulan Maret, tapi earth hour kini telah mengalami penyesuaian.

Kampanye dan aksi pemadaman serentak dilakukan pada tanggal 19 Maret, yang menjadi hari Earth Hour internasional.

Apa Saja yang Boleh Dimatikan Saat Earth Hour?


Cukup banyak. Semua perangkat yang membutuhkan energi tentu bisa kamu matikan. Semacam TV, laptop, lampu, AC, kipas angin, dan berbagai perangkat elektronik lainnya. Pokoknya semua aset barang elektronik yang kamu miliki dan biasa kamu gunakan sehari-hari. Benda-benda yang membutuhkan daya atau energi untuk membuatnya menyala.

Meski begitu, kamu jangan membayanglan bahwa dunia akan gelap gulita saat melakukan ini! Sebab, tidak semua tempat akan jauh dari pencahayaan. Beberapa tempat umum tidak akan dikenai earth hour, termasuk juga lampu penerangan penerbangan, lampu penunjuk jalan, atau semacamnya yang adalah bagian dari pelayanan publik yang layak didapatkan oleh masyarakat.

Meski begitu, coba deh Kawan Medan kunjungi daerah sekitar tempat-tempat yang memutuskan untuk melakukan pemadaman serentak. Kalau kamu beruntung, kalau suasana cukup gelap dan langit ternyata cerah, kamu akan melihat langit lebih ramai oleh benda-benda angkasa yang biasanya disembunyikan oleh cahaya lampu kota.

Yuk, Ramaikan !







http://www.nyoozee.com/wawasan/seputar-earth-hour/

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238