image
Sidak Bahan Pokok, KPPU Medan Temukan Harga Bawang Naik Drastis

18 May 2016 2190 Viewed

Medan FM - Komisi Pengawas Persaingan Persaingan Usaha Perwakilan Medan melakukan inspeksi mendadak ke pasar petisah bersama Pemerintah Kota Medan. Dari hasil sidak ditemukan, harga bawang merah naik drastis mencapai 45.000 rupiah per kilogram

Ketua KPPU Medan Abdul Hakim Pasaribu mengatakan saat ini ada dua komoditas yang tengah mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan yaitu bawang merah dan daging. Pihaknya memperingatkan para distributor agar tidak menahan pasokan, khususnya bahan makanan. Menurutnya naiknya harga bawang merah ini diduga  adanya permainan di tingkat distributor. Sebab berdasarkan pemantauan KPPU di sentra bawang merah di Ngajuk dan Brebes, Jawa Tengah, saat ini pasokannya sangat melimpah.


Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan, Ahyar Nasution mengatakan pihaknya meminta warga untuk berperilaku hidup wajar menjelang Bulan Ramadan. Sebab menurutnya, kebiasaan tersebut menjadi salah satu pemicu meningkatnya harga kebutuhan pokok. Ahyar menambahkan pihaknya akan mencari tahu penyebab pasti terjadinya kenaikan harga menjelang ramadhan.

Lebih lanjut, Salah seorang pedagang sapi Pasar Perisah, Rahmat mengatakan harga daging sapi juga ikut naik menjadi Rp 110ribu dari sebelumnya Rp 105ribu perkilogram. Kenaikan ini mengakibatkan tingkat jumlah pembeli menjadi turun. (Rizky Pradita/Medan)

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238