image
Pelaku UKM di Sumut Terkendala Bahasa Untuk Ekspansi ke Luar Negeri

21 April 2016 2295 Viewed

Medan FM - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industry atau KADIN Sumatera Utara, Khairul  Mahali mengungkapkan bahwa komunikasi atau bahasa masih menjadi kendala bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Sumatera Utara melakukan ekspansi ke luar Negeri.

Khairul Mahali mengatakan banyak potensi hasil pertanian, hasil laut dan barang olahan yang dapat dipasarkan ke luar Negeri seperti Eropa dan Amerika, bukan hanya produk mentah, namun juga olahannya dapat dipasarkan seperti makanan ringan dan lainnya. Namun selama ini, komunikasi atau bahasa menjadi penghambatnya. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan SDM yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik mulai dari bahasa Inggris, Tiongkok, Jepang dan lain sebagainya. Diharapkan, pelaku UKM dapat memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Kadin sehingga pelaku usaha dapat terus berkembang dan memasarkan produknya di luar Negeri.

Selain itu, Khairul Mahali juga menambahkan pelaku UKM juga harus memperhatikan kualitas produk yang harus selalu di jaga serta pengemasan sehingga terlihat menarik. (Tri Kurniawan/Medan)

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238