image
50 Persen Lebih Lahan di Kawasan Hutan Dalam Keadaan Kritis

18 March 2016 2434 Viewed

Medan FM - Lebih dari 50 persen atau sekitar 1,8 juta hektar lahan yang berada di luar ataupun didalam kawasan hutan di sumatera utara dalam kondisi kritis.

Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Utara, Halen Purba mengatakan total luas kawasan hutan adalah 3 juta hektar, dan lebih dari setengahnya masuk dalam kondisi kritis akibat pengalih fungsian ke perkebunan. Berkurangnya kualitas hutan ini juga akibat adanya pencurian hasil hutan, penebangan liar dan lainnya. Halen mengaku bahwa tata batas hutan yang masih belum jelas membuat pihaknya kesulitan memperbaiki kualitas kawasan hutan, sehingga pada tahun depan pihaknya mengalokasikan Rp. 194 miliar untuk melakukan rehabilitasi dan merevitalisasi hutan. 

Sementara itu, Sekretaris Komisi B DPRD Sunatera Utara, Aripay Tambunan mengatakan pihaknya mendesak Dinas Kehutanan untuk meningkatkan sistem pengawasan terhadap kerusakan kawasan hutan.  Selain itu, Aripay menyarankan agar jumlah penyuluh lebih diperbanyak setiap kabupaten kota agar mencegah kerusakan hutan selanjutnya.

Lebih lanjut, Aripay menambahkan seharusnya dinas terkait dapat merekrut kembali Polisi Hutan untuk berpatroli dan melibatkan penduduk setempat untuk ikut melakukan penyuluhan dengan masyarakat lain. (Rizky Pradita/Medan)

TAGS:

Terhubung dengan kami

@963MedanFM
Get it on Google Play

Hubungi kami

Telepon+6261 6622 628 (Kantor)
+6261 6612 986 (Studio)
Mobile, Whatsapp, Line+62819 88 9630
LokasiJl. Pembangunan I No. 6
Krakatau, Medan - 20238